Dessy Adipati Hadiri Puncak Acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Bunda PAUD Kabupaten Way Kanan, Bunda Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Puncak Acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara, Rabu (08/10/2023), bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Machiavelly Herman Tarmizi, S.STP.,M.Si dan Ketua Pokja Bunda PAUD Way Kanan, Bunda Vorian Melita Saipul.

Diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (Direktorat PAUD) mengapresiasi 270 Bunda PAUD Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota atas peran sertanya dalam mengawal Merdeka Belajar Episode 24 : Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang Menyenangkan. Apresiasi tersebut diberikan merujuk pada inovasi serta aksi nyata yang dilakukan Bunda PAUD dalam melakukan advokasi serta mengawal tiga target perubahan pada Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di daerahnya masing-masing.

Dari informasi yang dihimpun dari laman resmi Kemdikbud, Direktorat Jenderal PAUD, Iwan Syahril menyampaikan bahwa Bunda PAUD memiliki andil besar dalam terwujudnya tiga target perubahan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Dimana tiga target perubahan tersebut secara bertahap telah tercapai di Tahun Ajaran 2023-2024. Pertama, berbagai daerah telah berhasil menghapus tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SD/MI. Kedua, penerapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 9MPLS) bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama juga banyak dilaksanakan oleh satuan pendidikan di berbagai daerah. Serta yang ketiga, penerapan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak sebagai wujud target perubahan yang ketiga dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pun tampak sudah dilakukan di berbagai daerah.

Adapun beragam aksi nyata yang dilakukan Bunda PAUD adalah melakukan sosialisasi di daerahnya masing-masing yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, melaksanakan advokasi melalui berbagai media, inisiatif mempertemukan guru PAUD dan guru SD kelas awal dalam rangka membangun pemahaman bersama, penguatan peran Forum Komunikasi PAUD-SD, serta melakukan sosialisasi dan penguatan pemahaman kemampuan fondasi anak kepada masyarakat dan orang tua.

Pada Bulan Maret 2023 lalu, Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Episode 24: Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Kebijakan tersebut khususnya bertujuan untuk mengakhiri miskonsepsi terkait kemampuan yang dibangun pada anak di PAUD sangat berfokus pad abaca, tulis, berhitung (calistung) yang dianggap sebagai satu-satunya bukti keberhasilan belajar. Kemampuan calistung dipahami dengan sempit, dan dianggap dapat dibangun secara instan, sehingga tes calistung masih diterapkan sebagai syarat masuk SD. Gerakan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 0759/C/HK.04.01/2023 yang mengatur tentang penguatan transisi dari PAUD ke SD Kelas Awal.

Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023 kali ini diperuntukan bagi Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Kebijakan pemberian penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan pertimbangan strategis dan teknis untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Selain itu juga sebagai bentuk penghargaan dari Kemendikbud Ristek untuk memotivasi Bunda PAUD dalam melakukan inovasi layanan pendidikan untuk anak usia dini. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar