Adipati Terima Piagam Penghargaan Kinerja dari Wakil Presiden RI

piagam

BlogGua, Lampung - Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kusuma Anakori menghadiri Rakornas dan Penyerahan Dana Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023 di Istana Wakil Prsiden, Jakarta Pusat, Kamis (09/10/2023).

Dibuka langsung oleh Wapres KH. Ma’ruf Amin yang dalam sambutannya menekankan peran krusial para Kepala Daerah dalam menyusun program dan kegiatan, serta keperpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Wapres meminta agar konsistensi seluruh Pimpinan Daerah tetap terjaga, utamanya dalam melaksanakan strategi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan berkelanjutan kelompok masyarakat miskin ekstrem, serta penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

Disampaikan pula bahwa berbagai langkah konkret untuk mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem sudah dilaksanakan, diantaranya penajaman sasaran penerima manfaat melalui pengembangan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Selain itu juga telah dilakukan konvergensi program dan anggaran dalam rangka penghapusan kemiskina ekstrem, antara lain melalui penyesuaian APBN, APBD juga APBDes.

Hasilnya pun mulai terlihat BPS mencatat kemiskinan ekstrem pada Bulan Maret 2023 sudah turun signifikan menjadi 1,12%, dengan pekerjaan rumah yaitu menjaga tren penurunan ini hingga target dapat tercapai. Karena semua upaya tersebut hanaya mungkin terwujud melalui kolaborasi dan kerja keras seluruh Pemangku Kepentingan, yang tentunya kinerja aktif seluruh Kepala Daerah menjadi persyarat mutlak tercapainya target penurunan kemiskinan ekstrem.

Untuk itu, sebagai apresiasi, Pemerintah memberikan penghargaan berupa insentif fiscal kepada Pemerintah Daerah yang berkomitmen dan berkinerja baik dalam penghapusan kemiskinan ekstrem. Insentif tersebut kiranya dapat dimanfaatkan untuk meneruskan transformasi program menuju target penghapusan kemiskinan ekstrem.

Selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Wapres mengingatkan kembali terkait perkembangan pencapaian target penurunan kemiskinan nasional. Lakukan refokusing anggaran 2024 agar lebih berpihak pada wilayah perdesaan. Prioritaskan desa dengan jumlah rumah tangga dalam kategori desil 1 dan 2, serta afirmasi pada kantong kemiskinan dan wilayah tertinggl, terdepan dan terluar.

Apresiasi diberikan kepada Kepala Daerah yang telah berkinerja baik hingga berhasil mendapatkan insentif fiskal, salah satunya yaitu Pemerintah Kabupaten Way Kanan. dengan harapan kiranya insentif tersebut dapat mendorong kinerja lebih baik lagi, serta menjangkau kelompok keluarga miskin lebih banyak melalui berbagai program di derah. Serta tetap bersemangat untuk terus berupaya mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di tahun depan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar