Forkopimda Lampung Barat Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat melakukan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Liwa, Kubu Perahu, Balik Bukit, Lampung Barat, Lampung dalam rangka peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun 2023.

Persiapan apel kehormatan dan renungan suci tersebut dimulai sejak pukul 23.30 WIB, saat jajaran Forkopimda mulai berdatangan di lokasi Makan Pahlawan Liwa, atau setengah jam sebelum berlangsungnya puncak acara tepat pada pukul 00.00 WIB pergantian waktu antara tanggal 16/17 Agustus 2023.

Unsur Forkopimda yang ikut serta melakukan apel kehormatan dan renungan suci tersebut diantaranya Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman beserta jajaran, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial S.Kom, Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat Deddy Sutendy, SH., MH dan Ketua Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin Hendra Aprilana, SH., S.Sos.

Tepat pada tengah malam pukul 00.00 memasuki tanggal 17 Agustus 2023 acara puncak dimulai, serangkaian acara pun dilakukan. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo.

Rangkaian acara dilakuan mulai dari laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, penghormatan kepada arwah para pahlawan, penyalaan obor, peletakan karangan bunga, pembacaan naskah apel persada, mengheningkan cipta, pembacaan doa dan diakhiri dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan sampai waktu menunjukkan sekira pukul 00:30 WIB hingga acara dinyatakan selesai dengan penuh khidmad, lancar serta kondusif.

Pelaksanaan apel dan renungan suci tersebut ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang dan gugur dalam mempertahankan kemerdekaan RI serta dapat mengambil makna spirit dari kepahlawanan.

Perlu diketahui, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo yang bertindak sebagai inspektur upacara, dirinya membacakan naskah apel persada diatas pusara para pahlawan tersebut. 

Dalam naskah apel persada itu berbunyi: "Kami yang hadir pada hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 Pukul 00.00 WIB pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 4 orang, menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa," ucap Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang sudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdo'a, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya," pungkasnya. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar