Kunker di Simpang Pematang, Sulpakar Minta OPD Serius Pikirkan Masyarakat Mesuji

Momen kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Penjabat (Pj) Bupati Mesuji bersama Rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung dan Simpang Pematang menjadi tempat kunjungan terakhir Pria yang di kenal disiplin itu, Rabu (08/03/2023).

Dalam Agenda Kunjungan Kerja Penjabat Bupati Mesuji di Kecamatan Simpang Pematang dilaksanakan Mulai Pukul 07.15 WIB yaitu mengunjungi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Mesuji di Simpang Pematang untuk memberikan Pengarahan dan Pembinaan kepada para pengajar dan dewan guru di sekolah tersebut. 

Setelah itu melanjutkan perjalanan meninjau Puskesmas Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang guna melakukan Pembinaan kepada seluruh Pegawai Puskesmas Wira Bangun dan juga memberikan kepada masyarakat berupa PMT Pemulihan Gizi Buruk pada Balita, PMT berbahan pangan lokal bagi Ibu Hamil KE, PMT berbahan pangan lokal bagi Balita Gizi KU, PMT Pemulihan Pasien TBC, Obat Cacing dan Pelayanan KB MKJP setelah itu Sulpakar bersama Rombongan melanjutkan perjalanan meninjau potensi ketahanan pangan di sawah seluas 300 Ha dan Gotong-royong masyarakat Desa Wira Bangun dan Bangun Mulyo.

Sulpakar dan Rombongan Melanjutkan Perjalanan Menuju Lapangan Desa Wirabangun untuk melaksanakan kegiatan Ramah tamah bersama masyarakat dan seluruh perangkat desa se kecamatan Simpang Pematang 

Dalam Sambutan, Sulpakar menyampaikan bahwa agenda Kunjungan Kerja di Simpang Pematang adalah Kunjungan Kerja terakhir yang dilaksanakannya.

"Sejak menjabat Mei 2022, saya selalu mengagendakan untuk turun langsung ke masyarakat di desa-desa guna melihat aktivitas dan kegiatan di masyarakat terutama pembangunan infrastruktur yang di bangun di pelosok desa," imbuhnya.

Sulpakar pun menjelaskan pembangunan infrastruktur adalah keinginan yang diharapkan oleh masyarakat terutama pembangunan masalah jalan.

"Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa Kabupaten Mesuji bukanlah lokasi Prioritas Pembangunan Nasional yang dilaksanakan di Kementerian atau Pemerintah Pusat. Sehingga diperlukan Komunikasi dan Koordinasi yang intens serius dan terus-menerus untuk membuka jalan bagaimana Kabupaten Mesuji ini menjadi prioritas pembangunan Nasional dan APBN," kata Sulpakar.

Oleh Karena itu, Sulpakar dan seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Mesuji bergerak cepat ke Kementerian dan Pemerintah Pusat guna meminta bantuan bagaimana program yang ada di Kementerian dan Pemerintah Pusat untuk di bawa ke Kabupaten Mesuji. 

"Hari ini Sekda dan beberapa Kepala OPD sedang melaksanakan Audiensi dan Koordinasi di Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia di Jakarta untuk membahas program yang bisa kita bawa ke Kabupaten Mesuji. Mohon do'anya kepada seluruh masyarakat, semoga pulang membuahkan hasil untuk Kabupaten dan Masyarakat Mesuji," terang Sulpakar.

Pada kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Mesuji menyerahkan bantuan yang diberikan secara simbolis berupa :

  • Penyerahan Bantuan Dana Transfer ke Desa berupa Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan Dana Bagi Hasil Pajak Retribusi Tahun Anggaran 2023 kepada Desa Wira Bangun sebanyak Satu Milyar Enam Ratus Lima Puluh Satu Juta Enam Ratus Enam Puluh Ribu Dua Ratus Sembilan Puluh Dua Rupiah;
  • Bantuan Langsung Tunai Dana Desa triwulan 1 tahun 2023 untuk Desa Bangun Mulyo sebesar 22.500.000;
  • Bantuan Benih ikan lokal untuk kegiatan Restoking untuk kelompok masyarakat pengawas;
  • Bantuan Perahu Sampan sebanyak 10 unit untuk KUB Nelayan Bangun Mulyo;
  • Bantuan kepada Guru Ngaji, Guru Injil, Guru Tripitika, Guru Pasraman dan Penjaga Malam;
  • Bantuan Tong Komputer untuk Desa Margo Rahayu;
  • Bantuan sebesar 50 Juta untuk Kube Bina Jaya 1 Desa Budi Aji;
  • Penyerahan Paket Data Internet, dana Pendampingan Kader, Insentif kepada TPK dan Penjaga Balai Penyuluh KB dan Petugas Kebersihan Balai Penyuluh KB dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mesuji.

Kunjungan Kerja Penjabat Bupati Mesuji di Kecamatan Simpang Pematang diakhiri dengan melakukan Peninjauan TPA Sampah dan Penebaran bibit ikan serta meninjau gotong-royong masyarakat membangun jalan Desa di Desa Margo Rahayu dan Margo Makmur.

Dalam Kunjungan Kerja tersebut, turut mendampingi Pj. Bupati Mesuji, Sulpakar yakni : Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Beddi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Indra Kusuma Wijaya, beberapa Kepala OPD, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Pengurus PKK Kabupaten Mesuji, Kapolres Mesuji atau yang mewakili, Dandim Tulang Bawang atau yang mewakili, Camat Simpang Pematang, Tanjung Raya dan Panca Jaya. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar