Ahi Musa Hadiri Pembukaan Melasti Hari Nyepi dan Tahun Baru Caka 1945

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad (depan)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menghadiri acara Pembukaan Melasti Tingkat Kabupaten Lampung Tengah dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Caka 1945  bertempat di Danau Tirta Gangga Kampung Swastika Buana Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung, Minggu (19/03/2023).

Dalam Sambutan, Ketua Panitia Penyelenggara Made Rimbawa Putra mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kepedulian Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad pada acara melasti itu. 

Rimbawa juga melihat kepedulian Musa Ahmad kepada Umat Hindu di Lampung Tengah sangat Luar Biasa terbukti dengan hadirnya Musa Ahmad di setiap kesempatan acara yang diadakan.

"Bahkan  acara Melasti ini tidak lepas dari support Pemkab Lampung Tengah demi melestarikan Budaya yang turun - temurun selalu dilaksanakan," imbuhnya. 

Sementara, Ketua PHDI Lampung Tengah, Trisna Wijaya mengatakan acara ini merupakan acara tahunan, yang mana melasti ini bertujuan untuk menetralisir  Unsur - unsur negatif yang ada di diri dalam diri.

"Sehingga  dalam menyambut hari raya Nyepi merasa nyaman  dan damai," jelasnya.

Trisna juga atas nama masyarakat Hindu Lampung Tengah mengucapkan ribuan terimakasih kepada bupati, dimana ditahun 2023 ini akan membantu Pura sebanyak 145 di Lampung Tengah yang masing - masing mendapatkan bantuan sebesar 20 Juta, juga Pure Kabupaten akan dibantu sebesar 500 Juta dan masih banyak bantuan lainnya. 

Disamping itu, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengucapkan selamat melaksanakan Perayaan Melasti juga Hari Raya Nyepi dalam rangka menyambut Tahun Baru Caka 1945 Tahun 2023.

"Dalam rangka mempersiapkan kedepan untuk hidup lebih baik lagi dan berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," terangnya. 

Ahi Musa sapaan akrab bagi Bupati Lampung Tengah itu juga telah berkoordinasi dengan PHDI juga Dinas terkait untuk Festival Ogoh - Ogoh akan menjadi Kalender Rutin Kegiatan Wisata di Lampung Tengah.

"Tahun depan Pemkab Lampung Tengah akan membantu juga memaksimalkan pelaksanaan kegiatan Melasti agar lebih meriah  lagi. Sehingga selain menjadi Wisata Budaya bisa menjadi Wisata Religi Bagi Masyarakat Sedharma," pungkasnya.

Dalam Kesempatan tersebut turut Hadir PHDI Provinsi Lampung, Ketua MGPSSR Lampung, Anggota DPRD, Dandim 0411, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kasat Pol PP, Kabag Kesra, Ketua PHDI Lampung Tengah serta ribuan umat sedharma. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar