Ahi Musa Hadiri Kampanye Mandatory Halal-Sertifikat Halal Gratis

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad (kemeja kotak-kotak)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menghadiri acara Kampanye Mandatory Halal bertempat di halaman Plaza Bandar Jaya, Lampung Tengah, Lampung, Sabtu (18/03/2023).

Kepala Kantor Kementrian Agama Lampung Tengah, Farid Wajedi mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan bentuk kepedulian Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad dalam acara tersebut.

"Program ini juga serentak dilakukan hari ini di Seluruh Indonesia dan di Lampung Tengah di pusatkan di Plaza Bandar Jaya," imbuhnya.

Wajedi berharap masyarakat Lampung Tengah bisa mendaftarkan produknya untuk mendapatkan Sertifikat Halal pada tahap pertama yang mulai berlaku pada Bulan Oktober 2024, khususnya untuk produk Makanan, Minuman, Hasil Sembelihan dan Jasa Penyembelihan, Bahan Baku, Bahan Tambahan Makanan, dan Bahan Penolong untuk produk Makanan dan Minuman.

Pada Kesempatan itu Pula Kemenag Lampung Tengah mendaulat Musa Ahmad sebagai Duta Halal Kabupaten Lampung Tengah. 

Sementara itu sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan langsung Oleh Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan hari ini akan menjadi awal bagi Indonesia, Ddalam rangka menyukseskan Indonesia menjadi pusat Industri Halal Dunia.

"Terlibatnya seluruh lapisan masyarakat di 1000 titik lokasi di Indonesia untuk dapat menyampaikan pesan-pesan Mandatory atau kewajiban sertifikasi Halal,"jelas Ahi Musa sapaan akrab bagi Bupati Lampung Tengah itu.

Untuk itu, lanjut Musa, dalam rangka menyukseskan tahap pertama kewajiban sertifikasi Halal tersebut, pemerintah memberikan kemudahan dalam pendaftaran sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) untuk satu juta sertifikasi Halal bagi pelaku UMKM, melalui skema pernyataan pelaku usaha (SELF - DECLAREN). 

Ahi Musa menambahkan, untuk mensosialisasikan ini kepada pedagang dengan berksinambungan agar para pelaku usaha bisa mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi Halal.

Ahi Musa juga akan mengintruksikan jajaran Dinas terkait untuk berkoordinasi dengan KUA setempat agar sebelum tahun 2024 seluruh Pedagang Produk bisa terdaftar dan mendapatkan sertifikasi Halal.

Dalam Kesempatan tersebut hadir juga Kepala Kantor Kementrian Agama Lampung Tengah, Kepala Perangkat Daerah Terkait, Camat Terbanggi  Besar, Lurah serta Masyarakat. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar