Musrenbang Rawa Jitu Utara, Sulpakar Targetkan Banyak Pembangunan

Momen kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Pemerintah Kabupaten Mesuji kembali melaksanakan agenda Musrenbang tingkat kecamatan,  kali ini Musrenbang diadakan di Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Kamis (23/02/2023). 

Di dampingi beberapa Kepala OPD Dinas Terkait, Sekda Mesuji, Syamsuddin mewakili Pj. Bupati Mesuji membuka rangkaian kegiatan Musrenbang tersebut, yang di laksanakan di GSG Kecamatan Rawa Jitu Utara, 

Dalam sambutannya Syamsuddin menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh masyarakat, perangkat desa tenaga kesehatan, guru dan pendamping desa yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan acara.

"Sebuah program tentu akan mendapatkan hasil yang baik bila dimulai dengan perencanaan awal yang baik pula," ujar syamsuddin. 

Selain itu, tentunya pemerintah selalu berusaha untuk mencari solusi dan jalan keluar guna mengatasi setiap permasalahan yang ada di Kabupaten Mesuji dan di desa-desa.

"Pembangunan infrastruktur tentunya menjadi pekerjaan rumah utama yang harus di selesaikan guna memberikan akses transportasi yang baik kepada masyarakat," ujar Syamsuddin. 

Dalam kesempatan yang lalu Penjabat Bupati Mesuji, Sulpakar juga memaparkan terkait program pembangunan yang di prioritaskan di Kecamatan Rawa Jitu Utara, antara lain :

  • Untuk tahun 2023 Penanganan Abrasi mulai dari Desa Sidang Muara Jaya titik nol ke arah Sidang Iso Mukti 2 KM dengan anggaran Dana 47 Milyar. 

Terkait Pembangunan Dermaga Tanah Merah tahapan Proses yang akan di lakukan, Mingggu depan Dishub, Camat Rawa Jitu Utara dan Kepala Desa Sidang Muara Jaya akan di undang ke Provinsi Guna menandatangani pelepasan Hak Tanah dari PT. CPO eks DVD ke Pemerintah Provinsi Lampung.

Selanjutnya akan dilaksanakan pengukuran tanah calon lokasi dan akses jalan menuju ke Dermaga oleh BPN disaksikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, PT. DPP eks Dipasena dan akan dilaksanakan pembayaran ganti buku kepemilikan tanah milik perusahaan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

  • Kemudian Tahun 2023 ini Kementerian Perhubungan Telah Menyiapkan Dana Pembangunan Tahap Awal (Land Clearing + Pembersihan Lumpur Lokasi Dermaga) 

Dokumen Perencanaan Fisik berupa DED  telah di susuan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung pada tahun 2022. Dokumen Review Rencana Induk Pelabuhan Tanah Merah Telah di Dusun oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung. 

Pembangunan Fisik Dermaga dan Sarana pendukung akan dianggarkan pada tahun 2004 dan pada tahun 2023 Pemerintah Provinsi Lampung akan memproses alih status jalan akses gerbang DCD menuju ke Dermaga tanah Merah dari jalan menjadi jalan provinsi.

Selain itu pembangunan fisik jalan sepanjang 7,8 KM akan dianggarkan oleh Dinas BMPK Provinsi Lampung tahun 2024. Secara terinci pembangunan ruas jalan di Rawa Jitu Utara dapat digambarkan sebagai berikut :

Peningkatan Ruas Jalan Panggung Rejo - Telogo Rejo sepanjang 12 KM, ruas jalan Telogo Rejo - Panggung Jaya 26 KM, ruas jalan Panggung Jaya - Way Puji 4 KM, ruas jalan Sungai Buaya - Panggung Rejo 26 KM, ruas jalan Way Puji - Kurnia Agung 1.9 KM. selain pembangunan infrastruktur Rawa Jitu Utara juga menjadi pusat lumbung padi di Kabupaten Mesuji. 

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut beberapa Kepala OPD, Kepala Puskesmas, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Guru dan tamu undangan lainnya. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar