Pj Bupati Mesuji Resmikan Sekaligus Tandatangani 12 Prasasti Sekolah

Penjabat Bupati Mesuji, Sulpakar (sedang ttd)

BlogGua, Lampung - Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar melakukan Peresmian dan Penandatanganan 12 Prasasti Sekolah yang dibangun menggunakan  Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2022, bertempat di SDN 12 Tanjung Raya Desa Trikarya Mulya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Kamis (05/01/2023).

Dikesempatan itu Sulpakar mengatakan agar semua pihak harus proaktif berkomunikasi dengan pusat dan kementerian sejak dari awal tahun.

"Sehingga prioritas yang ada di kementerian dapat digunakan dan dialokasikan pembangunannya di Kabupaten Mesuji,"imbuhnya.

Semua komponen, lanjut Sulpakar, harus bergerak bersama untuk membangun dunia pendidikan dan semua komponen masyarakat harus berperan serta dalam proses pembangunan dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Mesuji, termasuk Kepala Desa dan Perangkat Desa.

"Kualitas dan ilmu pengetahuan harus dimiliki oleh masyarakat. Sehingga pendidikan menjadi hal penting yang harus dilaksanakan dan dikerjakan oleh masyarakat,"jelasnya.

Disamping itu Sulapakar menjelaskan bahwa pendidikan dimulai dari keluarga, sehingga hal yang paling mendasar, yakni hal-hal dimulai dari keluarga.

"Jadi matangkan pendidikan di keluarga. Sehingga pembentukan karakter yang baik terhadap anak - anak dapat dibentuk dan dimulai dalam keluarga, komunikasi yang baik antar anggota keluarga menjadi hal yang sangat penting yang harus dilakukan dalam keluarga,"urainya.

Dikatakan Sulapakar, Jika pendidikan tingkat keluarga, tingkat lingkungan masyarakat dan pendidikan sekolah dilaksanakan dengan baik, maka tercapailah pembentukan karakter anak yang menjadi baik.

"Tugas pemerintah adalah menyediakan kebutuhan pendidikan yang di perlukan oleh masyarkat. Perlu sinergi yang baik antara keluarga, guru dan elemen masyarakat,"kata dia.

Diakhir Sulpakar menyebutkan beberapa poin karakter agar menjadi aparatur yang profesional, guru seperti apa yang diinginkan oleh orangtua siswa dan siswanya, yakni :

  1. Harus memiliki kemampuan intelektualitas, memiliki kemampuan mengajar dan pengetahuan;
  2. Harus menjadi tauladan;
  3. Disiplin dalam menjalankan aktifitas;
  4. Pola kegiatan mengajar yang baik di kelas;
  5. Tanggungjawab dalam melaksanakan tugas;
  6. Kreatif dan inovatif;
  7. Komunikatif;
  8. saling peduli dan saling menghargai.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Kadis Pendidikan, Camat Tanjung Raya, Kepala Desa dan Perangkat Desa Trikarya Mulya, Pengawas Sekolah, Guru dan MKKS Sekolah serta Tamu undangan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar