Wakil Bupati Hadiri Festival Budaya Daerah Way Kanan

Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T

BlogGua, Lampung - Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, M.T menghadiri Festival Budaya Daerah Kabupaten Way Kanan di Gedung Serba Guna Pemkab setempat, Way Kanan, Lampung, Rabu (16/11/2022).

turut dihadiri oleh Kepala/unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Setdakab, Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan dan para peserta Festival Budaya Daerah.

Pada acara yang mengusung tema “Pelestarian Kebudayaan Untuk Mewujudkan Pembangunan Berkarakter Kebangsaan Sebagai Jati Diri Daerah, Wabup Ali Rahman dalam sambutannya menyampaikan bahwa NKRI merupakan negara yang memiliki berbagai kebudayaan dari Sabang sampai Merauke. Dimana budaya ersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang yang semestinya pasti akan diturunkan kepada generasi penerus agar budaya itu tidak punah.

“Akan tetapi, pada kenyataannya banyak generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut. Sehingga perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah”, ujar Wabup Ali Rahman.

Selanjutnya, Kabupaten Way Kanan merupakan suatu entitas daerah yang didiami berbagai macam etnik. Selain Lampung sebagai etnik mayoritas, juga terdapat etnik Jawa, Bali, Sunda, dan lainnya. Keberagaman etnik tersebut menjadikan Kabupaten Way Kanan sarat dengan nilai budaya local yang sangat luhur dan tak ternilai harganya. Sayangnya, kearifan nilai budaya local tersebut mulai tergeser oleh transformasi dan peradaban sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan jika tidak sejak dini dilakukan “revitalisasi” terhadap nilai-nilai tradisi yang ada.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Way Kanan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan yang telah melaksanakan kegiatan festival budaya sebagai upaya melestarikan nilai-nilai budaya. Karena kecenderungan terjadinya pergeseran nilai-nilai budaya menuntut semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian nilai-nilai budaya Bangsa termasuk nilai-nilai budaya Nasional”, lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga berharap bahwa pelaksanaan festival budaya tersebut tidak hanya dilaksanakan sebagai kegiatan seremoni belaka, tetapi hendaknya setiap tahun dievaluasi pelaksanaannya terutama dalam hal sasaran dan manfaat yang tela dicapai. Dimana bentuk evaluasi dimaksud dilakukan dengan melihat indikator seberapa banyak jenis kesenian tradisi dan permainan rakyat yang telah punah dapat dilestarikan melalui festival budaya.

“Saya berharap kegiatan festival budaya daerah Kabupaten Way Kanan dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi di Kabupaten Way Kanan yang sarat dengan kearifan dan tata  nilai yang khas, serta membangkitkan rasa cinta bagi generasi muda terhdap budaya lokal”, tutup Wabup Ali Rahman sekaligus membuka Festival Budaya Daerah Kabupaten Way Kanan yang ditandai dengan pemukulan gong.

Diketahui, pada Festival tersebut dilaksanakan perlombaan Lomba Pop Lampung, Lomba Melukis Kreasi Batik, Lomba Tari Kreasi Lampung, Lomba Pisaan, Lomba Gitar Tunggal Klasik dan Lomba Gamolan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar