Wagub Lampung Dorong Kaum Perempuan Berkarier di Lembaga Pemerintahan

Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim

BlogGua, Lampung - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim mendoromg kaum perempuan berkarier di lembaga pemerintahan. Merujuk pada afirmasi 30% keikutsertaan perempuan politik pada Pemilihan Umum, menurutnya, perlu ada afirmasi serupa untuk perempuan berkarir di lembaga pemerintahan. 

Hal itu diungkapkan Nunik sapaan akrab bagi Wagub Lampung itu dalam Seminar Wanita memperingati Hari Ibu ke-94 dengan tema Perempuan Berkarir, Kenapa Tidak? di Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur, Bandar Lampung, Lampung, Senin (5/12/2022). 

Acara tersebut merupakan kerjasama antara TP-PKK Provinsi Lampung dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung. 

Nunik mengatakan peringatan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan momentum dalam menghormati tekad dan perjuangan perempuan Indonesia sejak dalam proses memperjuangkan serta mengisi kemerdekaan. 

"Peringatan Hari Ibu menjadi momentum kita untuk terus dan terus menghargai perempuan, karena perempuan juga peyokong pembangunan, tiang keluarga, tiang agama,"imbuhnya.

Ia berpendapat bahwa saat ini semakin banyak ruang-ruang yang terbuka bagi perempuan untuk berkontribusi positif. 

Nunik menegaskan perbedaan gender bukan merupakan persoalan, justru hal tersebut akan menjadi modal bagi para perempuan untuk berkarya serta berkontribusi di semua sendi dan ruang pembangunan Indonesia. 

Ia juga berpendapat saat ini tidak sedikit perempuan yang sudah berumahtangga memiliki peran ganda sebagai wanita karier dan juga menjadi ibu rumah tangga. 

"Saat ini perempuan berjuang bagaimana bisa membuat seimbang antara target personal dengan beban didalam rumah tangga misalnya perempuan sangat dibutuhkan perannya dalam pendidikan anak," ujarnya. 

Nunik berharap seminar ini menjadi pencerahan serta penambah wawasan untuk para kaum ibu terutama ibu yang memilih untuk berkarir agar tetap dapat menjaga dan menyeimbangkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai istri, ibu dan sebagai perempuan berkarir secara seimbang. 

Sebagai informasi, acara yang diadakan secara Hybrid online dan offline ini diisi oleh Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal dan dr. Lula Kamal sebagai Narasumber. 

Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri mengatakan seminar ini diadakan berdasarkan Panduan Pelaksanaan Hari Ibu ke-94 tahun 2022. 

Ia mejelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung penguatan karakter perempuan khusunya perempuan yang memiliki peran ganda dan meningkatkan ketahanan keluarga sebagai pondasi utama terbentuknya ketahanan nasional. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar