Riana Arinal Beri Motivasi Perempuan-Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bandar Lampung

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal

BlogGua, Lampung - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal memberikan semangat, motivasi serta perhatian kepada warga binaan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan agar terus menjadi pribadi yang lebih baik dan berprestasi.

Semangat itu digelorakan Ibu Riana saat Peringatan Hari Ibu Ke- 94 tahun 2022 di Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, Rabu (07/12/2022).

"Warga binaan perempuan harus berprestasi, untuk perempuan berdaya dan Lampung Berjaya," ujar Riana.

Riana yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Lampung mengatakan pihaknya akan memberikan ruang untuk mempromosikan hasil-hasil kerajinan dari warga binaan untuk ditampilkan pada event-event Dekranasda salah satunya Lampung Craft.

Karena seperti diketahui, warga binaan ini diberikan berbagai macam keterampilan di Lapas yang menghasilkan produk-produk UMKM seperti tapis, kue, keripik dan kerupuk serta kerajinan dari bambu.

"Kami setiap tahunnya selalu mengadakan Lampung Craft sejak tahun 2020, artinya sudah tiga kali dilaksanakan. Nanti tahun 2023 akan ada stand khusus hasil-hasil kerajinan dari binaan Lapas Perempuan ini," katanya.

Riana menyebutkan melalui ruang ini, agar warga binaan bisa berdaya dan berprestasi sehingga ketika kembali kemasyarakat sudah mempunyai bekal keterampilan serta menjadi sosok yang mandiri dan tangguh. 

"Insya Allah Lampung Craft nanti akan banyak yang hadir sehingga semuanya bisa laku terjual," katanya.

Menurutnya, warga binaan ini mempunyai bakat dan potensi yang luar biasa, tidak hanya dalam membuat berbagai macam kerajinan, namum juga dalam hal budidaya perikanan dan berkebun.

"Kita harus menatap masa depan yang lebih baik, kita buktikan seluruh perempuan termasuk mantan warga binaan bisa menjadi bagian dan berkontribusi terhadap pembangunan negara ini," katanya.

Riana mengajak warga binaan untuk selalu bersyukur dan harus berubah ke arah yang lebih baik.

"Karena akan menjadi manusia yang merugi kalau mengulangi kesalahannya lagi. Seberat apa pun persoalan dalam rumah tangga dan bagimana pun keadaannya, para ibu harus sabar karena perempuan itu 3 kuncinya yaitu sabar, bersyukur dan selalu berdoa," katanya.

Pada kesempatan itu, Riana menyematkan selempang kepada warga binaan wisudawati pada program tuntas huruf hijaiyah.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh ibu warga binaan yang telah di wisuda pada hari ini. Semoga selalu istiqomah dalam belajar, beribadah dan bekerja," ujarnya.

Riana juga memberikan perhatian dengan memberikan sejumlah bantuan seperti kursi roda, alat kesehatan, sembako dan perlengkapan olahraga.

Riana yang juga Bunda Literasi Provinsi Lampung juga memberikan bantuan berupa buku novel.

"Semoga bantuan yang telah diberikan sebagai bentuk perhatian dan rasa sayang dari Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dapat memberikan manfaat dan berguna khususnya untuk seluruh warga binaan," katanya.

Terakhir, Riana meminta doa agar Gubernur Lampung selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan amanah untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Lampung.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Farid Junaedi dan Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandar Lampung Putranti Rahayu.(Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar