Riana Arinal Ikuti Rakornas PKK yang Dibuka Langsung Ibu Negara

Suasana Rakornas

BlogGua, Lampung - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK yang dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Jakarta International Expo Convention Centre, Jakarta, Senin (28/11/2022). 

Dalam sambutannya, seperti diberitakan Kantor Berita Antara, Ibu Negara Iriana menyampaikan, penyelenggaraan rakornas dilakukan guna menyelaraskan pencapaian target program agar gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga pencapaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Ibu Iriana. 

Dalam Rakornas TP PKK Tahun 2022, selain dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Lampung, juga di ikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung maupun yang diwakili.

Rakornas mengusung tema Pemantapan Program untuk Keberhasilan Rencana Induk Gerakan PKK 2021 - 2022. Rakornas juga menghadirkan beberapa narasumber antara lain Eko Prasetyanto Purnomo Putro selaku Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri, H. Teguh Setyabudi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, dan A. Kasandra Putranto Psikolog Klinis Forensik. 

Menurut Ibu  Negara Iriana, rakornas TP PKK ini bertujuan mendorong pengurus dan kader di seluruh daerah dapat menyusun program kegiatan dengan mengacu pada empat komponen yang selaras dengan 10 program pokok PKK. 

Ke empat komponen program tersebut yakni komponen program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial. 

Dalam Rakornas TP PKK ini juga ditentukan program prioritas yang masih berkaitan dengan fungsi dari empat kelompok kerja (Pokja) TP PKK.

Program Prioritas itu yakni pola asuh dalam keluarga, meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesehatan dasar keluarga. 

Dari ke empat program prioritas tersebut, telah ditentukan jenis program yang berciri khas gerakan PKK dan menjadi identitas program ysng sikelola dari dan oleh TP PKK.

Ke empat program yang berciri khas gerakan PKK antara lain Program Pendidikan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja di Era Digital (Paaredo), program lainnya adalah Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari  Pelangi), kemudian program lainnya adalah Gerakan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, TEratur, Indah, dan Nyaman (Aku Hatinya-PKK), selanjutnya adalah Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana). 

Pada akhir sambutannya, Iriana berharap penyelenggaraan rakornas tersebut menghasilkan gagasan pemikiran yang dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan PKK agar tumbuh lebih kuat dan hebat.

"Semoga rakornas ini berlangsung lancar dan sukses, menghasilkan gagasan-gagasan dan pemikiran maju yang dapat meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kelembagaan PKK agar tumbuh makin kuat, hebat, dan maju," ujarnya. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar