Parosil Hadiri Pembinaan Pemahaman Ideologi Pancasila Bagi Aparatur Pekon dan Kelurahan

 Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin (PM) menghadiri Pembinaan Pemantapan Ideologi Pancasila Bagi Aparatur Pekon dan Aparatur Kelurahan Tahun Anggaran 2022 yang dipusatkan di GOR Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Kamis (24/11/2022). 

Pembinaan pemantapan ideologi Pancasila yang dinarasumberi langsung oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Komisi I bidang pertanahan Drs. Mukhlis Basri,  turut dihadiri oleh Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) DR. Drs. Karjono, S.H., M.Hum.

Kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Edi Novial S.Kom, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kodim 0422 Lampung Barat, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat dan seluruh peserta dari Aparatur Pekon dan Aparatur Kelurahan se-Kabupaten Lampung Barat.

Pada kesempatan itu, Pacik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat itu mendukung adanya sebuah kegiatan Pembinaan Pemantapan Ideologi Pancasila terhadap Aparatur Pekon dan Aparatur Kelurahan.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai nilai-nilai pancasila sebagai falsafah dan pandangan hidup bangsa, dan juga sebagai inspirasi untuk memaknai nilai-nilai luhur pancasila dan menginternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari,"ucapnya. 

"Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi ideologi dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pelaksana kebijakan pemerintah, sebagai pelayan publik, dan sebagai perekat pemersatu bangsa," tambahnya.

Diketahui, Ideologi pancasila yang dirumuskan oleh panitia 9 dan berdasar atas pidato Ir. Soekarno 1 juni 1945 yang menjadikan Pancasila tersebut menjadi pancasila sangat penting. 

Ideologi Pancasila ini memiliki beberapa kedudukan yaitu pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia, pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia, pancasila menjadi dasar negara, pancasila sebagai sumber dari segala Hukum yang ada di indonesia, pancasila sebagai Perjanjian luhur bangsa indonesia ketika mendirikan negara, dan pancasila sebagai cita-cita bangsa. 

"Kedudukan inilah yang menjadikan pancasila menjadi Sangat penting bagi bangsa indonesia," ujarnya.

Dalam perannya sebagai pelayan publik, aparatur Pekon dan Aparatur Kelurahan memerlukan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila. Karena menurut Parosil, Aparatur pekon maupun aparatur kelurahan juga mempunyai kedudukan dalam menanamkan Nilai-nilai pancasila kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, saya mendukung kegiatan Pembinaan pemantapan ideologi pancasila ini, mudah-mudahan dengan melalui kegiatan ini pemahaman para aparatur pekon dan aparatur kelurahan akan meningkat," ungkapnya. 

"Saya harap dengan ada nya kegiatan ini akan meningkatkan aktualisasi nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat dan dapat menjadi landasan ideologi dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pelaksana kebijakan pemerintah dan pelayan masyarakat pekon dan kelurahan," jelasnya.

Terakhir, Parosil meminta kepada Narasumber untuk memberikan ilmu, wawasan dan pengetahuan terkait pentingnya nilai-nilai Pancasila. 

"Saya harap dengan adanya kegiatan pembinaan ideologi Pancasila ini dapat bermanfaat, dapat ilmu dan dapat wawasan terkait pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.