Musa Ahmad Hadiri Acara Metatah di Wirata Agung-Seputih Mataram

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad (jam tangan Silver)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menghadiri acara Metatah/Potong Gigi Massal yang diadakan oleh Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI ) Lampung Tengah di Kampung Wirata Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung, Sabtu (12/11/2022).

Sebagai informasi, dikesempatan tersebut Musa Ahmad mengatakan bahwa Pemerintah selalu mendukung kegiatan adat di Lampung Tengah dalam rangka melestarikan seni, adat, agama dan budaya,

Dalam rangka melestarikan tradisi leluhur umat hindu di Bali dengan melaksanakan potong gigi lalu Musa Ahmad mengapresiasi WHDI dan PHDI yang memfasilitasi kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Musa juga menghimbau kepada umat sedharma untuk selalu hidup rukun dan kompak dalam kehidupan sehari - hari. 

Diketahui, Metatah atau yang sering disebut juga dengan Mepandes atau Mesagih merupakan bagian dari ritual keagamaan bagi umat Hindu di Bali. Ritual ini wajib dilaksanakan oleh para orang tua kepada anaknya, sebelum anaknya memasuki jenjang perkawinan.

Mengingat Metatah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, upacara Metatah sering diadakan secara massal yang diikuti masyarakat kurang mampu.

Dalam kesempatan tersebut Musa didampingi Kasat POLPP serta Camat Seputih Mataram dan juga pengurus PHDI Lampung Tengah. (kmf)