Kick-off Semarak UMKM Tanggamus Dibuka Gubernur Lampung

Gubernur Lampung, Arinal Djunai (batik Cokelat) dan Ketua TP-PKK Lampung, Riana Sari Arinal (hijab Kuning) beserta Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (hijab Merah-depan)

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi resmi membuka Kick-off Semarak UMKM Tanggamus ditandai pemukulan rebana oleh Gubernur bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal, dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani, di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung, Jum'at (4/11/2022) kemarin.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus atas penyelenggaraan acara ini. Semoga kegiatan ini juga dapat menjadi upaya dan ruang kepada pelaku UMKM Tanggamus untuk bisa terus bergerak, berinovasi, bermakna dan berkreatifitas dalam berwirausaha," ujar Arinal.

Dalam membangkitkan UMKM, Arinal akan membangun pusat pasar UMKM Provinsi Lampung di PKOR Way Halim, Bandar Lampung dan Dia pun menyampaikan Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk memajukan UMKM. 

Berdasarkan data perkembangan sektor Koperasi dan UKM di Provinsi Lampung,  UMKM di Provinsi Lampung tercatat sebanyak 192.234 unit yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 276 unit. 

Adapun program prioritas pengembangan Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2021/2022 antara lain Perluasan Akses Pasar/ Digitalisasi; Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UMKM; Pengawasan koperasi yang lebih intensif; Fasilitasi Pembiayaan UMKM dan Koperasi; Pembinaan, pendampingan UMKM; dan Promosi produk UMKM serta memperluas jaringan usaha berbasis IT dan melakukan kerjasama/kemitraan dengan berbagai pihak/lembaga/asosiasi.

Arinal mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati/ Walikota seluruh stakeholder atas kerja kerasnya dalam pemberdayaan UMKM di Provinsi Lampung. 

Arinal juga berharap kegiatan ini akan menjadi kebangkitan ekonomi di sektor UMKM, sektor ekonomi kreatif, dan terjadi peningkatan investasi daerah, hingga terciptanya lapangan kerja baru  untuk kesejahteraan masyarakat Lampung. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani berharap kegiatan Semarak UMKM Tanggamus yang digelar di Mall Boemi Kedaton ini  mampu memperkenalkan produk-produk UMKM Tanggamus kepada masyarakat, baik di Provinsi Lampung, Nasional, bahkan Internasional.

"Mudah-mudahan acara ini menjadi salah satu sarana yang mampu mengangkat UMKM kami untuk bisa lebih maju dan berjaya," ujar Dewi.

Dewi juga mengharapkan masukan dan arahan serta bimbingan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam meningkatkan dan membangkitkan UMKM Tanggamus. 

"Tentunya ini akan kami tindaklanjuti sehingga produk kami bisa lebih baik lagi. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan minat dari pangsa pasar yang lebih luas," ujarnya.

Kick-Off Semarak UMKM ini akan berlangsung 4-6 November 2022 dengan mengusung tema UMKM Tanggamus Naik Kelas dan Go Internasional. Acara ini dilanjutkan dengan peluncuran aplikasi program Point of Interrest Pariwisata Kabupaten Tanggamus. (Adpim)