Wakil Gubernur Buka Kegiatan Training of Trainer dan Launching Gernas Tastaka Lampung

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (tengah)

BlogGua, Lampung - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim membuka kegiatan Training of Trainer sekaligus melakukan Launching Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika (Gernas Tastaka) Provinsi Lampung, di Balai Penggerak Guru, Bandar Lampung, Lampung, Senin (03/10/2022).

Ketua IGI Provinsi Lampung Irawan menjelaskan, pelatihan Tastaka ini dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 3-8 Oktober 2022 dengan menghadirkan narasumber/pelatih dari Jakarta. 

Irawan juga menerangkan bahwa Gernas Tastaka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Guru SD/MI agar tidak buta matematika ini sudah berjalan sejak November 2018 dan sampai saat ini telah dilaksanakan di 35 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Guna mencetak generasi yang berkualitas, salah satu hal yang harus ditingkatkan adalah kualitas pendidikan. Ketua Umum NU Circle Gatot Priyo Utomo mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan tersebut diawali dari peningkatan kualitas pendidikan dasar, melalui para tenaga pengajarnya, agar menjadi pondasi yang kuat untuk tingkatan pendidikan selanjutnya.

Gernas Tastaka, lanjut Gatot, diselenggarakan guna menyiapkan dan meningkatkan literasi numerasi anak-anak Indonesia memasuki bonus demografi dan menuju Indonesia Emas 2045. Gatot juga menyebutkan, Gernas Tastaka guna melatih guru-guru tingkat dasar (SD/MI) untuk mengajar matematika secara sederhana, bernalar, kontekstual dan mendasar.

Sementara itu Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim menjelaskan, bonus demografi akan menjadi berharga bila diiringi dengan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing tinggi. Oleh karenanya, Wagub juga menegaskan bahwa Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika merupakan gerakan yang sangat urgent dan bermanfaat dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Chusnunia melanjutkan, Gernas Tastaka harus menjadi gerakan bersama di seluruh wilayah Lampung, agar generasi muda Lampung dapat dipersiapkan dengan maksimal. Untuk itu, Wagub mengajak seluruh stakeholder terkait untuk menyukseskan dan mendukung gerakan ini di Provinsi Lampung

"Agar generasi muda kita memiliki dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global," katanya.

Hadir dalam acara Sekjen Kemdikbud Ristek Suharti, Ketua Umum NU Circle Gatot Priyo Utomo, Dewan Pembina Yayasan Penggerak Indonesia Cerdas Achmad Rizali, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Lampung Irawan, Kepala BGP Provinsi Lampung Tanti Supriyadi, Ikatan Alumni UI Provinsi Lampung, serta para peserta TOT Tastaka. (kmf)