Todeu Malheiros Akui Kopi Lampung Lebih Terasa Dibanding Kopi Brazil

Kadis Kominfotik Lampung, Ganjar Jationo (topi Putih)

BlogGua, Jakarta - Kegiatan Kopi Lampung Begawi 2022 yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindag Lampung berlangsung selama 2 hari, yakni pada tanggal 8-9 Oktober 2022 di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Sabtu (08/10/2022).

Event tersebut ramai dikunjungi warga dan pengusaha dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk meramaikan dan memeriahkan Kopi Lampung Begawi 2022 diantaranya, memberikan kopi gratis yang diracik Barista Nasional untuk pengunjung dan masyarakat Jakarta pada saat Car Free Day.

Selain itu pengunjung juga bisa langsung berdialog dengan stand pameran produk kopi robusta terbaik Lampung tersebut.

Todeu Malheiros, warga Negara Brazil yang tengah berlibur di Indonesia saat berbincang dengan Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo merencanakan berwisata di Indonesia selama kurang lebih 2 minggu, mengaku tertarik mendekati lokasi Kopi Lampung Begawi 2022 karena melihat gambar  buah dan daun kopi, di salah satu stand Kopi Lampung Begawi 2022 Sarinah-Jakarta, Sabtu (08/10/2022).

Dalam obrolan santai tersebut,  Todeu mengaku bahwa neneknya merupakan salah seorang petani kopi. Ketika ditanya perbandingan rasa kopi Brazil dan kopi Lampung, Todeu Malheiros mengatakan, rasa kopi  Lampung lebih kuat rasa kopinya dibanding dengan kopi Brazil yang Dia rasakan. 

Todeu Malheiros juga bertanya dimana posisi Lampung, selanjutnya dijelaskan bahwa Lampung berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Selanjutnya, Todeu Malheiros dengan memegang satu cup kopi menunjukkan bagaimana ia menyeruput kopi, lalu mengatakan dalam bahasa Inggris, "terimakasih, kopinya nikmat".

Sementara Saferi, seorang pengusaha cafe coffee di bilangan Bintaro, Tanggerang Selatan mengaku sengaja datang melihat-lihat stand produk kopi Lampung untuk megetahui lebih jauh tentang produk kopi Lampung.

Selain itu Saferi juga mengatakan bahwa kopi Lampung merupakan salah satu menu di cafe coffee-nya dan banyak diminati penikmat kopi yang datang.

Salah satu sesi menarik Kopi Lampung Begawi 2022 adalah bedah resep kekhasan kopi robusta Lampung oleh ahli minuman nasional seperti Michael Anugrah, Barista Ground Jakarta menyajikan materi minuman bahan dasar kopi robusta Lampung yang disignature dengan buah pisang dan nanas.

Kemudian Ben Faizal, dari Jakarta Caffee Street Community  dengan sajian single origin kopi Lampung dengan tren citarasa komunitas kopi Jakarta. (kmf).