Dari Mesuji, Gubernur Ajak Kader Pramuka Lampung Mengabdi Tanpa Batas

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menjadi Pembina Upacara pada Apel Besar Hari Pramuka ke-61 Tingkat Daerah Lampung, di lapangan Desa Mekar Jaya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Kamis (27/10/2022).

Pada kesempatan itu, Arinal Djunaidi yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Lampung, mengajak kader Pramuka Lampung mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, sesuai dengan tema HUT Pramuka Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. 

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, salah satunya adalah tugas membentuk karakter bagi generasi muda Indonesia,” jelas Arinal.

Arinal mengucapkan Selamat Hari Pramuka kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka di Provinsi Lampung.

Arinal berharap Peringatan Hari Pramuka ke-61 dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.

“Pembentukan karakter yang tangguh bagi generasi muda ini merupakan hal yang amat penting dan bahkan menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan.  Kita juga telah sering mendengar perlunya generasi muda memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras,” tambahnya.

Arinal Djunaidi menuturkan Gerakan Pramuka telah mencapai usia 61 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. “Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar. Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Pada Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Arinal Djunaidi menyampaikan lima pesan kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka :

  • Pertama, memberikan kualitas yang terbaik bagi pendidikan karakter bangsa melalui berbagai kegiatan yang melibatkan generasi muda;
  • Kedua, Meningkatkan kepedulian akan kelestarian lingkungan;
  • Ketiga, Pramuka memiliki kecakapan dan siaga dalam menghadapi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu;
  • Keempat, dengan meredanya pandemi Covid19, agar kegiatan kepramukaan di Saka/Sako dan di Gugus Depan baik Sekolah, Pesanteran, dan Desa dapat diaktifkan kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan; dan
  • Kelima, Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang mendukung Program Lampung Berjaya.

Diakhir sambutan, Arinal Djunaidi mengucapkan selamat, terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada penerima penghargaan.

“Semoga penghargaan yang telah diberikan dapat memacu untuk dapat lebih membantu Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya,” pungkasnya.

Diketahui, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61, terdapat penyerahan bantuan sosial berupa paket sembako, bantuan uang santunan, dan 2 unit kursi roda. Kwarda Lampung dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61 melaksanakan rangkaian kegiatan berupa perkemahan pramuka, ulang janji, ziarah makam tokoh pramuka, donor darah, bakti sosial, dan lain-lain. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar