Winarti Narasumber Ikonik Batik Cerita Cantika, Serius Dukung Perkembangan Batik Tulis

banner

BlogGua, Lampung - Bupati Tulang Bawang, Hj. Winarti menjadi salah satu narasumber dalam Cerita Cantika yang bertema 'Ikonik Batik' yang di gelar secara Live melalui link Instagram @cantikadotcom Selasa, (20/09/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tulang Bawang bersama Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi narasumber yang akan mengeksplore batik khas daerahnya masing - masing.

Bupati Tulang Bawang dengan gelar Pangeran Suri itu menunjukan beberapa hasil produk batik dengan motif Bintang Perak, Motif Shiha Ali dan motif Maduaro yang saat ini karyanya sudah dihak patenkan oleh Pengrajin Batik Tulis Shiha Ali Penawar Tama Kabupaten Tulang Bawang.

Winarti juga menceritakan sejarah terbentuknya UMKM ini hingga pada akhirnya mampu meraih perhatian para peminat batik di Nusantara melalui hasil karya cipta para Pengrajin Batik Shiha Ali Tulang Bawang.

Melalui 25 Program BMW Tulang Bawang, Winarti yang berjuluk Srikandi Tulang Bawang ini terus mendorong langkah para penggiat UMKM Kabupaten Tulang Bawang sehingga UMKM yang ada di wilayah Sai Bumi Nengah Nyappur tak terkecuali batik tulis Shiha Ali mampu berkiprah luar biasa dan mendapat tempat tersendiri dihati para peminat batik seluruh Indonesia bahkan dunia. 

"Batik tulis Shiha Ali kebanggaan Kabupaten Tulang Bawang adalah batik tulis hasil karya sebuah UMKM  di Kabupaten Tulang Bawang  yang mayoritas pengrajinnya beranggotakan saudara - saudara kita penyandang disabilitas dan yatim-piatu,” kata Winarti.

Menurut Winarti, dengan kegigihan para pengrajin, batik tulis Shiha Ali pada akhirnya mampu menarik perhatian peminat batik Nusantara dan dunia. Hal ini dapat terjadi, jelas Winarti, karena upaya sinergi UMKM batik tulis Shiha Ali dengan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui 25 Program BMW Tulang Bawang.

"Saya tidak pernah main-main dan secara serius saya mendukung sepenuhnya upaya pengembangan batik tulis ini,” imbuhnya.

Dipaparkan Winarti, batik tulis memiliki pangsa pasar bukan hanya mengarah ke kaum wanita saja. Namun kaum lelaki dan anak-anak sangat elegan bila menggunakan batik tulis tersebut. Untuk itu, Winarti berharap batik tulis yang sudah dinobatkan sebagai identitas bangsa Indonesia mampu meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan Batik Tulis Naseha Ali atau batik Shiha Ali.

"Sehingga akan mampu mensejahterakan para pengrajinnya dan memajukan serta mendongkrak kualitas kesejahteraan Kabupaten Tulang Bawang secara keseluruhan,”pungkasnya. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar