Di Masa Transisi Pandemi Covid-19, Dipusarda Metro Tagetkan Minat Baca Masyarakat Meningkat

Suasana kunjungan

BlogGua, Lampung - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) Kota Metro, Farida menargetkan peningkatan intensitas pengunjung dan minat baca masyarakat di masa transisi pandemi covid-19.

Melalui berbagai kegiatan, Farida berharap minat baca masyarakat akan meningkat, seperti sebelum wabah covid-19 melanda.

“Kita kan kemarin di saat pandemi perpustakaan masih tutup ya, dan di masa transisi pandemi ini, kita berharap masyarakat Kota Metro bisa berkunjung ke perpustakaan lagi seperti dulu sewaktu belum ada virus covid,” ucapnya, usai menjamu dalam makan siang bersama Forkopimda di akhir acara Hari Kunjung Perpustakaan (HKP), Rabu, (14/09/2022).

Farida berkomitmen pihaknya akan dapat mengembalikan intensitas pengunjung perpustakaan dan menggelorakan literasi sejak usia dini.

“Kita juga kan saat ini berupaya menerapkan literasi berbasis inklusi, maka di situ kita menampilkan juga kerajinan-kerajinan hasil karya masyarakat Kota Metro. Di kegiatan HKP ini juga tentu kita gelar pertunjukan seni budaya yang mana penampilannya itu anak-anak, kemudian ada bazar buku juga,” jelasnya.

“Kita juga adakan kegiatan tour juga, ya dengan bertujuan memperlihatkan bagaimana kinerjanya Dinas Perpustakaan. Kita tunjukkan bagaimana caranya mengolah buku dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Metro periode 2005-2010/2016-2021, Djohan mengatakan bahwa dulu, dia berangan-angan memperbesar Dispusarda.

“Saya dari dulu berangan-angan menciptakan lebih luas, lebih besar, karena ruang perpustakaannya lebih kecil. Tempat parkir juga sempit, tapi oke, sarana yang ada ini kita kembangkan,” ungkapnya.

Disadari Johan, pengembangan dan pendayagunaan sarana dan prasarana seluruh aset Kota Metro itu tentu terkait dengan anggaran dan waktu yang tidak sebentar. (irfan)