Pringsewu Pemenang Lomba Stand Terbaik Kategori Kreatif - AOE 2022

Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah (dua dari kiri)

BlogGua, Jakarta - Kabupaten Pringsewu menjadi pemenang dan memperoleh penghargaan sebagai Stand Terbaik Kategori Kreatif pada kegiatan APKASI Otonomi Expo (AOE) 2022.  Event bertema 'Pulihkan Ekonomi Daerah Dengan Jejaring Global' ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Jakarta Convention Center, 20-22 Juli 2022. 

Stand Kabupaten Pringsewu pada acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang juga dihadiri Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dan Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Pringsewu Ihsan Hendrawan ini mengusung konsep persawahan di pinggir kota dengan menonjolkan kekhasan etnik, dengan fokus utama berupa saung terbuat dari bambu beratap daun kelapa, berdiri di tengah rerumputan, sehingga tampak natural menyatu dengan alam.

Sedangkan bahan bambu tidak hanya menjadikan stand menarik perhatian pengunjung karena berbeda dengan yang lain, tetapi juga sesuai dengan ciri khas Kabupaten Pringsewu, selain disesuaikan dengan nama Pringsewu sendiri yang diartikan sebagai daerah seribu bambu.

Selain itu, produk-produk yang menjadi unggulan daerah Pringsewu khususnya produk UMKM juga mengisi stand Kabupaten Pringsewu untuk ditampilkan, diantaranya kerajinan kerajinan berbahan bambu, tas berbahan tempurung kelapa, produk olahan ikan, kopi, serta kain tapis juga tas berbahan tapis.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga mempromosikan diri sebagai daerah ramah investasi dan sangat terbuka bagi investor dari manapun yang akan menanamkan modalnya di Bumi Jejama Secancanan, dengan senantiasa mengedepankan kemudahan pelayanan perizinan yang cepat dan mudah dengan menerapkan prosedur yang berlaku.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat membuka AOE 2022 berharap melalui event tersebut akan mendongkrak kemajuan sistem perdagangan Indonesia pasca pandemi Covid-19, dimana menurutnya potensi dari berbagai daerah di Indonesia harus dimunculkan sebagai magnet bagi para investor agar mereka mau dan bersedia serta berkomitmen mengembangkan investasi.

"Sehingganya akan berdampak dan membawa pengaruh besar bagi kemajuan perekonomian Indonesia," ujarnya.

AOE 2022 ini diikuti 122 pemerintah kabupaten, 4 kementerian, BUMN, swasta serta UMKM dengan jumlah keseluruhan sebanyak 245 stand. Selain itu, AOE 2022 juga diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Dialog Eksekutif bertema 'Peluang, Peran dan Harapan Pemerintah Daerah Terhadap KTT G20', dimana para bupati dari seluruh Indonesia melakukan diskusi terkait KTT G20 dan manfaatnya bagi daerah. (kmf/ Isnanto Hapsara)