Percepat Pembuatan NIB, DPM-PTSP Metro Turun Langsung ke Lapangan

Suasana kegiatan

BlogGua, Lampung - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Metro melakukan program percepatan pembuatan Nomer Induk Berusaha (NIB) gratis khusus untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di RIS Dokter Swoning, Jum'at (15/07/2022). 

Kepala DPM-PTSP Kota Metro, Deni Sanjaya mengatakan, kegiatan hari ini merupakan bentuk respon dalam menjalankan program Presiden yaitu pemberian NIB dan percepatan UMKM. 

"Jadi hari kita langsung merespon, kebijakan pak Presiden yaitu tentang percepatan pemberian NIB khusus untuk UMKM. Pada hari ini kita perdana melakukan percepatan pemberian NIB khusus untuk UMKM di Kota Metro," katanya. 

Dia menjelaskan, saat ini dari data OSSRBA yang sudah tercover baru 1400 UMKM untuk di Kota Metro. Sedangkan target yang harus dicapai sebanyak 12.000 UMKM. 

"Dalam hal ini, kalau kita hanya menunggu di kantor dan sosialisasinya kurang otomatis akan lambat terkaper. Maka dari itu, kita mengambil langkah langsung turun ke lapangan dengan mengadakan kegiatan seperti di RIS saat ini, untuk pendampingan pembuatan NIB," jelasnya. 

Menurut Deni, pada hari sebanyak 40 pelaku UMKM sudah mendapatkan NIB. 

"Harapan kita kedepan adalah kita akan konekan dengan program kita yang sudah ada. Yaitu dengan cara sistim layanan turun kelurahan menjemput izin. Jadi tidak perlu pelaku UMKM datang ke kantor atau menemui kami, akan tetapi kami secara periodik langsung turun ke 22 kelurahan dan 5 kecamatan," tandasnya. 

Sementara itu, Pengelola RIS Dokter Swoning Oki Hajiansah Wahan mengatakan, dengan diadakan kegiatan ini agar UMKM di Kota Metro dapat naik kelas. 

"Jadi caranya yaitu dengan berkolaborasi Pemerintah, Komunitas, Perbankan, BUMN, Swasta, semua bekerja bareng-bareng agar produk UMKM di Metro bisa naik kelas," katanya. 

Dia menjelaskan, yang mengikuti kegiatan pada hari ini yaitu Tokopedia, King Teknologi, Akademisi UNILA, dan JNE. 

"Kedepan harapan kita bisa bareng-bareng bekerja untuk memajukan UMKM di Kota Metro," pungkasnya. (irfan)