Camat Simpang Pematang Lakukan Kontrol Malam di Desa Wira Bangun

Para personil ronda malam

BlogGua, Lampung - Guna memberikan rasa aman, nyaman, dan menumbuhkan rasa kebersamaan serta kekompakan masyarakat di wilayah  Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung khususnya, camat setempat bersama-sama dengan Bhabin Kamtibmas, Kepala Desa, Anggota Linmas, dan Aparatur Desa di masing-masing desa melakukan kegiatan kontrol malam, Selasa 26 Juli 2022.

Kegiatan tersebut sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam lingkungan desa terlebih lagi disaat masyarakat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai warga negara salahsatunya dalam melaksanakan siskamling (ronda malam).

Di sampaikan oleh Camat  Simpang Pematang, Roly Aditiawan Jaya, kegiatan kontrol bersama seperti ini akan terus dilakukan ke seluruh desa yang ada di wilayah kerjanya. Dimana, tujuan daripada kegiatan tersebut adalah memberikan edukasi dan wawasan kepada masyarakat tentang kebersamaan dan kekompakan dalam lingkungan,t erutama yang berkaitan dengan hak dan tanggungjawab sebagai warga negara yang tinggal di pedesaan.

"Ya malam ini saya bersama Bhabin Kamtibmas, Kepala Desa, Anggota Linmas, Pamong Desa, dan Anggota Satpol-PP sedang melakukan kontrol desa, dan melihat kedisiplinan masyarakat saat melaksanakan ronda malam,"ujarnya.

Menurut Roly, untuk Desa Wira Bangun ronda malamnya aktif, desanya juga rapih, penerangan jalannya lumayan baik juga.

"Saya harap hal ini dapat dipertahankan. Siskamlingnya jangan sampai timbul tenggelam kadang ronda kadang tidak. Karena ronda malam ini adalah salah satu kewajiban masyarakat juga, jangan ketika ada bantuan dari pemerintah baru ramai-ramai datang menuntut hak. Akan tetapi ketika diminta untuk melaksanakan kewajiban seperti ronda malam, bayar PBB seolah malas-malasan. Aayo kita hilangkan budaya seperti itu. Karena jika ada hak pasti ada kewajibannya juga,"paparnya.

Dikesempatan tersebut, Kepala Desa Wira Bangun, Kalung menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan tersebut serta siap untuk terus mengaktifkan ronda malam dan akan tetap menjaga kekompakan, kebersamaan,dan kedisiplinan di masyarakat.

"Terimakasih kepada Pak Camat, Bhabin Kamtibmas, Satpol-PP, dan rombongan yang sudah melakukan kontrol malam di desa kami. Sepenuhnya kami mendukung kegiatan ini dan kami juga siap untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam bermasyarakat dan tetap mengikuti arahan serta petunjuk dari pimpinan,"jelasnya. (Yudha)