Arinal Ajak Cendekiawan Muslim Kembangkan Pedesaan Dengan Ekonomi Kerakyatan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (di podium)

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak para cendekiawan muslim mengembangkan pembangunan pedesaan melalui ekonomi kerakyatan. 

Hal itu disampaikan Arinal saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) VII Ikatan Cendekiawan Muslim se- Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Lampung, di Mahligai Agung Convention Hall Universitas Bandar Lampung (UBL), Lampung, Kamis (28/07/2022). 

"Saya minta agar peran ICMI Lampung ke depan dapat lebih maksimal khususnya dalam bentuk kontribusi pemikiran untuk pembangunan Lampung khususnya diwilayah pedesaan agar selaras dengan program-program saya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan," ujar Arinal. 

Bertajuk "Membangun Sumber Daya Manusia Yang Bermartabat Mewujudkan Lampung Berjaya", acara ini dihadiri Ketua Umum ICMI Pusat Arif Satria dan Ketua ICMI Orwil Lampung Yusuf Sulfarano Barusman. 

Kemudian, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mayjen TNI Nisan Setiadi dan Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid. 

Arinal mengatakan ICMI Lampung sendiri telah berhasil membawa kepengurusan yang baik dengan program-programnya dan selalu selaras bersinergi dengan program-program pembangunan daerah Lampung. 

"Lebih khusus dalam pemikiran-pemikiran dan bantuannya didalam mensukseskan salah satu program unggulan daerah Lampung yaitu Kartu Petani Berjaya (KPB)," katanya. 

Menurutnya, suksesnya KPB ini juga tidak terlepas dari konstribusi dari Ketua ICMI Orwil Lampung yang juga Rektor UBL dan seluruh pihak yang terlibat. 

"Bersama ICMI mari buktikan bahwa kita mampu memberikan perubahan terhadap pertanian di Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum ICMI Pusat Arif Satria mengatakan kehadiran ICMI harus bisa membawa perubahan dan kemajuan di Provinsi Lampung. Selain itu, kata dia ICMI juga harus bisa berperan sebagai inisiator untuk gerakan transformasi. 

"Dalam kaitan transformasi ini, maka program-program ICMI disetiap wilayah disesuaikan masing-masing," ujar Arif. 

Arif menyebutkan Lampung memiliki potensi pertanian yang luar biasa dengan dipimpin oleh kepala daerah yaitu Gubernur Lampung yang juga seorang tokoh pertanian. 

Menurutnya, potensi pertanian yang ada di Lampung bisa disinergikan dengan program ICMI yaitu program desa cendekia dan tani cendekia. 

"ICMI harus bisa membangun optimisme.  Dengan langkah konkret ini Insha Allah ICMI benar-benar bisa memberikan manfaat," katanya. 

Arif mengatakan pertanian Lampung harus sukses dan menjadi contoh bagi pembangunan pertanian modern di Indonesia di era revolusi industri 4.0. 

"Bapak Gubernur dan Ketua ICMI Lampung karena orang pertanian, maka pertanian Lampung harus sukses dan menjadi contoh bagi pembangunan pertanian modern di Indonesia," ujarnya. 

Ketua ICMI Orwil Lampung Yusuf Sulfarano Barusman menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Lampung yang menjadikan ICMI sebagai partner di dalam pembangunan Provinsi Lampung. 

"Alhamdulillah diberbagai macam kesempatan kami hadir untuk memberikan sumbang saran pemikiran ICMI di berbagai macam bidang," ujar Yusuf. (Adpim)