Ngupi Bebakhong Lampung Barat, Bahas Konflik Gajah di BNS

Sausana Ngupi Bebakhong

BlogGua, Lampung -  Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat, Adi Utama menghadiri Kegiatan Rutin Ngupi Bebakhong yang membahas evaluasi dan perencanaan kerja Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun 2022, bertempat di Aula Kagungan Setdakab. Lampung Barat, Lampung, Senin (14/03/2022).

Pada kegiatan coffee morning kali ini dibahas terkait penanganan konflik gajah yang masuk di pemukiman warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) tepatnya di Pekon Gunung Ratu pada Sabtu (12/3) kemarin dan merusak sebagian tanaman para warga.

Adi utama menyampaikan bahwa Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus telah memerintahkan seluruh jajaran untuk segera mengatasi konflik gajah tersebut. Mengingat, kawanan gajah tersebut hingga hari ini belum menjauh dari pemukiman. 

Sehingga dalam penanganannya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat telah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, baik dari kecamatan hingga pekon.

Kemudian, langkah selanjutnya BPBD Lampung Barat menerjunkan satgas Konflik gajah yang dibantu petugas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Wildlife Conservation Society (WCS) serta masyarakat setempat untuk berupaya menggiring kawanan gajah agar menjauh dari pemukiman.

"Petugas satgas telah berupaya melakukan blokade terhadap jalan masuk kawanan gajah tersebut ke pemukiman warga dan menggiringnya untuk kembali ke hutan dengan peralatan seperti bunyi-bunyian petasan,"pungkasnya,

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama,  Asisten, Staf Ahli,  Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lampung Barat. (kmf)