Lumbung Beras Dhuafa di Ponpes Daarul Hikmah Diresmikan

sausana peresmian

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi meresmikan Lumbung Beras Dhuafa di Masjid Al Huda Pondok Pesantren Daarul Hikmah, Jalan Sutan No.29 Gedung Meneng, Bandar Lampung, Lampung, Minggu (06/03/2022).

Dalam Sambutan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melalui Aswarodi pada acara peresmian tersebut menyampaikan, sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, salah satu tugas pemerintah daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk dalam bidang sosial. Sebagai deskripsi - di Provinsi Lampung  terdapat 1.140.212 jiwa  Pemerlu Pelayanaan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang tersebar di 15 Kabupaten dan Kota.

Penanganan PPKS dimaksud membutuhkan peran serta semua pihak, baik dunia usaha, Gerakan  masyarakat peduli termasuk SIGER (saatnya ikut bergerak untuk masyarakat-digagas Ibu Riana Sari Arinal), termasuk kegiatan hari ini berupa lumbung beras dhuafa  yang ditujukan untuk meringankan beban pengeluaran masyarakat tidak mampu, terlebih masih dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini.  

Pemerintah Provinsi Lampung telah melaunching Program Kementerian Sosial tanggal 21 Februari 2022 yaitu Percepatan Bantuan Sembako Secara Tunai untuk bulan Januari, Februari dan Maret 2022 melalui PT Pos Indonesia. 

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mengeluarkan program  yaitu, penanganan PPKS dalam Panti/UPTD sebagai pelaksanaan standar pelayanan minimal (SPM) bidang sosial yakni penanganan lanjut usia terlantar dalam panti, penanganan disabilitas terlantar dalam panti, penaganan anak terlantar dalam panti, dan Penanganan tuna sosial terlantar dalam panti yang seluruh kebutuhan dasar dipenuhi oleh Pemerintah provinsi Lampung ditambah Perlindungan Sosial Korban Bencana. 

Oleh karena itu, melalui KH Abdul Hakim anggota DPD RI, kiranya dapat mendorong program penanganan PPKS melalui Pemberdayaan     ekonomi / usaha ekonomi produktif yang dimaksudkan untuk peningkatan pendapatan dengan bimbingan keterampilan dan modal usaha.

Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik dan mengapresiasi upaya nyata yang dilaksanakan oleh DKM Masjid Nurul Huda dan Ponpes Daarul Hikmah yakni dengan diresmikannya Lumbung Beras bagi Dhuafa pada hari ini.

Dengan adanya lumbung beras ini diharapkan dapat membantu kebutuhan beras bagi kaum dhuafa khususnya yang berada di lingkungan Gedong Meneng. 

"Untuk itu Saya menyampaikan apresiasi atas inisiatif  Bapak K.H. Ir. Abdul Hakim, MM  yang telah mewujudkan lumbung beras dhuafa. Dan saya mengajak semua pihak berpartisipasi dan menjadikan kegiatan ini sebagai semangat berbagi dan peduli kepada sesama yang membutuhkan. Saya berharap ke depan program ini dapat diikuti pula oleh semua pihak baik swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan unsur masyarakat yang lain. Mari kita  bergotong-royong dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung yang kita cintai ini serta bersama-sama saling menguatkan dan berdoa agar pandemi   COVID-19 di negeri ini segera berlalu," ujar Gubernur yang disampaikan Kadis Sosial.

Peresmian turut dihadiri Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Provinsi Lampung KH. Ir. Abdul Hakim, Anggota Forkopimda Provinsi    Lampung, Walikota Bandar Lampung beserta Jajaran, Ketua DKM Masjid Nurul Huda dan segenap pengurus Ponpes Daarul Hikmah. (kmf)