Warga Sukamulya Pagar Dewa Ingin Parosil-Mad Hasnurin Lanjut Pimpin Lampung Barat

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung - Dengan adanya pitu program yang dicanangkan pasangan Kepala Daerah Lampung Barat Parosil-Mad Hasnurin (PM), saat ini sudah dapat dirasakan masyarakat di Bumi Skala Bekhak, hingga banyak warga berharap PM dapat melanjutkan kepemimpinannya di masa mendatang.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan masyarakat Sukamulya melalui salah satu Tokoh Masyarakat (Toma), Solehudin dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan "Pagar Dewa" Tahun 2022 di Pekon Suka Mulya, Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Rabu (16/02/2022).

"Saya pribadi dan masyarakat Sukamulya berharap, supaya bapak Bupati bisa meneruskan kepemimpinan yang berikutnya,"ujarnya.

Sebelumnya, Toma Pekon Sukamulya Kecamatan Pagar Dewa, Solehudin mengucapkan terimakasih atas kehadiran PM di Pekonnya yang sudah kali kedua dengan acara yang sama, yakni Musrenbang Tingkat Kecamatan.

"Kami mewakili masyarakat Pekon Sukamulya dan umumnya masyarakat Kecamatan Pagar Dewa, kami ucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang telah menyempatkan hadir di Pekon kami ini untuk kedua kalinya,"tuturnya.

Solehudin menyatakan, di Kecamatan Pagar Dewa sudah banyak perubahan dan kemajuan. Menurutnya, kemajuan dan perubahan yang ada di Kecamatan Pagar Dewa itu berkat kerjasama perangkat daerah Lampung Barat.

"Dulu lokasi disini masih banyak kebun alang-alang, tetapi sekarang sudah ada kolam renang dan sudah ada gazebonya. Dulu jalan di Kecamatan Pagar Dewa ini banyak yang berlubang dan becek, sekarang sudah berkurang. Inilah atas kerjasama perangkat Pekon dan dukungan dari Bapak Bupati,"urainya.

Solehudin mengungkapkan, program pertama dari Pitu program yang dicanangkan PM, yaitu Program Peningkatan Infrastruktur Mantap dan program kelima Mensejahterakan Petani sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Progam pertama terkait infrastruktur baik fisik maupun non fisik Alhamdulillah sudah sampai ke masyarakat. Di Kecamatan Pagar Dewa Ini mayoritas masyarakatnya petani, kami ucapkan terimakaiah atas program Pak Bupati, baik adanya bantuan bibit tanaman dan bibit ikan. Alhamdulilah banyak bantuan yang masyarakat rasakan,"tandasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, mengapresiasi masyarakat Kecamatan Pagar Dewa, lantaran masyarakat setempat begitu antusias mendukung Musrenbang tersebut dengan berbagai seni budaya.

"Kehadiran pak Bupati dan rombongan dikawal para pendekar, ada dari Setia Hati, Pagar Nusa, Kera Sakti dan Cempaka Putih. Ini pendekar-pendekar yang setia menjaga NKRI,"terangnya.

Parosil menuturkan, meskipun Kecamatan Pagar Dewa merupakan kecamatan yang terbilang baru di Kabupaten Lampung Barat. Akan tetapi Kecamatan tersebut memiliki potensi besar mengenai budaya.

"Ada juga Ibu-ibu nyambai, tadi anak-anakku dari tingkat SD menampilkan seni sastra, termasuk penampilan tari sembah dari anak-anak SMP. Ini potensi, mestinya Bapak/Ibu bangga, Pagar Dewa merupakan kecamatan yang baru terbentuk. Tetapi tidak kalah dengan kecamatan lain,"paparnya.

Selanjutnya, Parosil memberi apresiasi kepada anak-anak SD yang menyampaikan pitu program serta tiga komitmen yang dicanangkan saat menampilkan seni sastra. Selain itu, pitu program dan tiga komitmen tersebut juga disampaikan oleh Ibu-ibu grup nyambai saat melakukan nyambai.

"Pada kesempatan ini tidak banyak yang pak bupati sampaikan. Karena pitu program dan tiga komitmen tadi sudah disebutkan dan dijelaskan oleh anak-anak yang menampilkan seni sastra dan juga Ibu-ibu nyambai,"ujarnya.

Dari hal itu, Parosil merasa bangga, pasalnya pitu program dan tiga komitmen yang dicanangkan dapat diketahui masyarakat, terlebih dapat dirasakan secara langsung manfaatnya.

"Ini luar biasa, empat sehat lima sempurna. Program-program pak bupati dapat dipaparkan semuanya, tadi dijelaskan pak Solehudin, Ibu-ibu grup nyambai dan anak-anak yang menampilkan seni sastra,"imbuhnya.

Kemudian Parosil menuturkan, dalam mendukung pelestarian seni budaya di Lampung Barat, Pemerintah Daerah membangun lamban (gedung) budaya yang berlokasi di lingkungan Pemkab Lampung Barat, dan itu merupakan salah satu implementasi dari salah satu pitu program poin kedua, yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya.

"Saya membangun gedung budaya, sebenarnya ditarget selesai tahun 2021. Tetapi karena terkendala wabah covid-19, sehingga baru dapat diselesaikan dan diresmikan tahun 2022 ini,"pungkasnya.

Sebagi informasi, Musrenbang tersebut diselenggarakan dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat. Pada Musrenbang tersebut, Parosil meresmikan wisata taman anak-anak Suko Mulyo milik Pekon Suka Mulya yang ditandai dengan pemotongan pita.

Pelaksanaan Musrenbang itu juga didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya Perpustakaan Keliling, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan gerai vaksinasi covid-19.

Pada acara tersebut juga, Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus secara simbolis melakukan penyerahan dana Kecamatan dan Dana Desa (DD), penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan. Penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Pagar Dewa dan penyerahan bibit benih ikan. 

Kehadiran Parosil dan Drs. Mad Hasnurin (PM) di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok, Budaya Kuda Lumping serta para pesilat dari empat perguruan, yakni PSHT, IKSPI, Pagar Nusa dan Cempaka Putih. Dalam arak-arakan tersebut, PM ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara. Setelah sampai di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan penampilan Tari Sembah Batin dari SDN Suka Mulya dan Tari Sastra dari anak-anak SDN Sidomulyo. Kemudian ditampilkan pula Budaya Nyambai yang dipersembahkan Ibu-ibu dari Pekon Suka Mulya dan dari anak-anak SMPN 02 Pagar Dewa.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mas Hasnurin, Anggota DPRD Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika Kecamatan Pagar Dewa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin dan calon peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat. (kmf)