Parosil Didampingi Hasnurin Hadiri Musrenbang Way Tenong

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (duduk ditandu Singa Depok-depan) dan Wakil Bupati Lampung Barat, Mad Hsnurin (duduk ditandu Singa Depok-belakang)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus didampingi Wakilnya, Mad Hsnurin mengahdiri kegiatan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan "Way Tenong" Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat di Kecamatan Way Tenong yang dipusatkan di Cai Kahuripan Pekon Puralaksana Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Kamis (24/02/2022).

"Dalam Musrenbang ini kita membicarakan pembangunan menggunakan skala prioritas. Kira-kira apa yang menjadi skala prioritas di Kecamatan Way Tenong ini akan kita tangani,"singkatnya.

Ditempat yang sma, Tokoh Masyarakat Kecamatan Way Tenong, Hesein mengatakan, Pitu program yang dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat dibawah kepemimpinan Bupati Parosil sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Pitu program unggulan pak Bupati ini sangat membantu, bermanfaat, dan sangat menunjang masyarakat dalam membangun pembangunan," ucapnya. 

Untuk itu, Hesein menyampaikan ucapa terimakasih kepala Kepala Daerah Lampung Barat yang sudah amanah menjalankan program unggulan dengan baik.

"Saya berterimakasih kepada pak Bupati dan pak Wakil Bupati yang sudah amanah dalam menjalan program-program unggulannya dengan baik,"ujarnya.

Diakhir Hesein berharap Pitu Program yang dicanangkan dapat dilanjutkan. Karnea menurut Hesein, program-program unggulan seperti itu masyarakat sangat terbantu sehingga merasa aman dan tentram.

"Kami mohon program-program ini dilanjutkan dan terus dijalankan, karena melalui program-program unggulan ini kita sangat terbantu, aman dan tentram,"pungkasnya.

Sebagai informasi, kehadiran PM di lokasi acara disambut antusias masyarakat setempat dengan arak-arakan budaya Singa Depok. Dalam arak-arakan tersebut, PM ditandu menaiki Singa Depok menuju panggung acara. Sesampainya di panggung acara, PM dan rombongan kembali disuguhkan persembahan Tari Sembah Batin dari anak-anak lamban baca Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong. Kemudian ditampilkan pula Kuntau Geru Semende dan diakhiri Penampilan Tari Jaipong dari Sanggar Siliwangi Singa Samudera.

Pelaksanan Musrenbang di Kecamatan Way Tenong tersebut didukung dengan adanya pameran produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. 

Pada Musrenbang tingkat kecamatan ini didukung dengan berbagai macam pelayanan. Mulai dari pelayanan Administrasi Kependudukan, seperti perekaman e-KTP, Penerbitan KK, e-KTP, KIA, akta kematian, kelahiran dan perkawinan. Selain itu adanya pelayanan perizinan, seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker). Kemudian adanya pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan ternak serta pelayanan perpustakaan keliling.

Dari sekian banyak pelayanan yang mendukung berjalannya Musrenbang tingkat kecamatan tersebut, ditujukan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu juga merupakan salah satu implementasi dari salah satu dari Pitu program poin keenam yang dicanangkan Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yaitu Masyarakat Berdaya Saing dan Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik.

Pada acara itu, Parosil memberikan doorprize kepada para masyarakat yang mengetahui Pitu program dan tiga komitmen yang dicanangkan PM.

Tampak hadir dalam acara, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Anggota DPRD Lampung Barat,  Assisten Bupati Lampung Barat, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika Kecamatan Way Tenong, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah dan Peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (kmf)