Menteri KKP Siap Bantu Excavator-Dana Untuk Tambak Udang 100ha di Wonosobo

Suasana Audiensi

BlogGua, Lampung - Guna meningkatan kesejahteraan pembudidaya udang, memperbaiki infrastruktur dan konstruksi kawasan tambak tradisional, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penerimaan devisa negara, serta meningkatan penerimaan pajak. Pemerintah Pusat melalui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI siap beri bantuan berupa Excavator dan pendanaan untuk masyarakat pengelola tambak undang 100 ha di Wonosobo, dengan target produksi mencapai 2000 ton.

Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Koordinator Bidang Penataan Kawasan Ditjen Perikanan Budidaya KKP, Imam L. Barizi saat beraudiensi bersama Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani dalam rangka Rapat Persiapan Lahan Integrated and Revitalization Shrimp Farming, di Ruang Rapat Bupati Tanggamus, Kamis (03/02/2022).

"Kami juga akan memberikan bantuan berupa excavator untuk memperbaiki tambak yang terkendala. Kemudian kami juga memberikan bantuan paket dukungan pendanaan untuk masyarakat mengelola tambak tersebut, dan kami juga akan mendistribusikan kincir yang semua itu masuk dalam APBN,"tuturnya.

Selain itu, Imam berharap di tahun 2022 ini tambak udang yang direncanakan sudah mulai dibangun, agar bisa menjadi kawasan udang yang terideal di Tanggamus.

"Harapan kami di tahun 2022 sudah mulai membangun tambak udang, serta bisa menjadi kawasan udang yang terideal di Kabupaten Tanggamus," ucapnya. 

Sementara dikesempatan tersebut Dewi mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tanggamus, dalam rangka program pembangunan kawasan tambak udang di Kabupaten Tanggamus. 

Menurut Dewi, program tersebut akan membawa dampak baik bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus, melalui pemanfaatan lahan yang dapat dijadikan sumber ekonomi baru bagi masyarakat. 

"Kami dari Pemkab Tanggamus siap untuk mendukung apa yang menjadi kewenangan dari Pemerintah Daerah dan dari legislatif untuk mendukung apa yang menjadi permasalahan lahan agar bisa dioptimalkan kedepan," tandasnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Bupati Tanggamus kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 

Hadir dari Kementerian KKP, Staf Khusus Menteri KKP Victor Manopo dan Siane Indriani, Asisten Khusus Menteri KKP I Nengah Putra Winata, Koordinataor Bidang Penataan Kawasan Direktorat Jenderal Perikanan Budaya Imam L. Barizi, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derbi, Ketua Tim Pelaksanan Kerja KKP Anastasia Rita Tisiana, Ketua Tim Bisnis KKP Dwi Kuswanrdani, serta Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung dan jajaran. Turut mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, para Asisten, Kadis Kelautan dan Perikanan Edison, Kadis PUPR Riswanda Djunaidi, Kadis BPKD Suaidi, Kaban Bappeda Hendra Wijaya Mega, Kadis Lingkungan Hidup Kemas Amin, Kepala BPN Tanggamus Joni Imron, Kabag Hukum Arif Rahmat, Camat Wonosobo Edi Fakhrurozi, dan Camat Semaka Wiwin Triani.  (Kominfo/Mar)

Diberitakan sebelumnya,  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya akan membangun kawasan budidaya udang berkelanjutan dengan sistem klasterisasi, di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. {...}

Baca selengkapnya: Akan Ada Tambak Udang Seluas 100ha Di Wonosobo Tanggamus

0 Komentar

Silahkan Komentar