Ketua PMI Lampung Tinjau Kegiatan Pemeriksaan Pap Smear

Riana Sari Arinal  (batik ungu)

BlogGua, Lampung - Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal didampingi Ketua Bidang Pelayanan Darah PMI Provinsi Lampung, Dwi Mars Tjahjo Sp. U,  meninjau kegiatan pemeriksaan Pap Smear bertempat di Markas PMI Provinsi Lampung, Kamis (10/02/2022).

Kegiatan digelar oleh PMI Provinsi Lampung dalam rangka peringatan Hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2022.

Pap smear adalah prosedur untuk mendeteksi kanker leher rahim (serviks) pada wanita. Pap smear juga dapat menemukan sel-sel abnormal (sel prakanker) di leher rahim yang dapat berkembang menjadi kanker.

Pap smear dilakukan dengan mengambil sampel sel di serviks. Setelah itu, pemeriksaan di laboratorium akan dilakukan agar diketahui apakah di dalam sampel tersebut terdapat sel prakanker atau sel kanker.

Dalam kesempatan tersebut, Riana Arinal berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan dan  berdialog dengan tenaga kesehatan serta masyarakat yang melakukan pemeriksaan.

Pada kegiatan pemeriksaan Pap Smear kali ini, PMI Provinsi Lampung memberikan kesempatan kepada 30 orang berasal dari masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri.

Turut mendampingj Ketua PMI pada kegiatan pemeriksaan Pap Smear,  pengurus PMI Provinsi Lampung, Pejabat dilingkungan RSU Abdoel Muluk.  (Diskominfotik Lampung).