Kepala Disporapar Metro Hadiri Kejuaraan Renang DAM Raman Championship

Suasana Kolam Renang

BlogGua, Lampung - Pemerintah Kota Metro melalui Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro menghadiri acara pembukaan Kejuaraan Renang Antar Club Kota Metro Open "Dam Raman Championship 1" tahun 2022. Acara berlangsung di Aula kolam renang setempat, Sabtu (05/02/2022). 

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Disporapar Kota Metro, Tri Hendriyanto. Kegiatan lomba berlangsung dari tanggal 5-6 Februari 2022.

Tri Hendiyanto Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro menyampaikan, untuk Kejuaraan renang Dam Raman Championship yang pertama ini, tentunya Pemerintah Kota Metro  sangat mengapresiasi kegiatan ini. 

"Tentunya momen-momen seperti inilah yang harus didukung bersama-sama. Ya kalaupun bisa, setiap bulan itu harus ada event-event seperti ini, walaupun cabang olahraga (Cabor) nya berbeda-beda," ujarnya. 

Tri menjelaskan, disini setiap kejuaraan itu tidak semua tergantung dari pemerintah saja. Jadi, pihak-pihak swasta juga bisa untuk mengadakannya. 

"Pemerintah Metro disini tentunya sangat berharap kepada cabor-cabor yang ada di Kota Metro dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini, melibatkan dari pihak-pihak swasta. Karena semuanya tidak mungkin bisa tercover oleh pemerintah, justru pemerintah itu akan hadir di setiap kegiatan. Namun disini pemerintah akan hadir sebagai pendamping, guna memberikan regulasi-regulasinya, supaya penyelenggaraannya juga sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya. 

Tri menegaskan, dalam hal ini (kejuaraan) tentunya harus berkomitmen dalam menjaga protokol kesehatan. Apalagi saat ini masih dalam keadaan Pandemi Covid-19.

Selain itu, Tri juga mengatakan, untuk di Kota Metro sebentar lagi InsyaAllah akan diadakan Kejuaraan Walikota Cup. 

"Kejuaraan Walikota Cup ini bertujuan salah satunya untuk menyaring para atlet-atlet. Agar kedepannya atlet-atlet yang tersaring ini dapat mengangkat nama baik Kota Metro. Kemudian, Walikota Cup ini juga dalam rangka penjaringan atlet-atlet untuk ke ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di tahun ini,"  katanya.

Tak lupa, Tri juga mengucapkan terimakasih kepada pihak swasta dan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Metro maupun Provinsi Lampung yang sudah menyelenggarakan kejuaraan ini. 

"Semoga dengan adanya kejuaraan ini, dapat menjaring atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama baik Kota Metro kedepannya nanti," tandasnya. 

Ditempat yang sama, Anggoro Budi Setiawan selaku Ketua Pelaksana Kejuaraan Renang Antar Club Kota Metro Open "Dam Raman Championship 1" tahun 2022 menyampaikan, Kejuaraan renang ini diikuti oleh 478 peserta yang terdiri dari kurang lebih 27 club. Kejuaraan ini juga diikuti oleh club renang dari luar Kota Metro. Untuk atlet Kota Metro yang mengikuti kejuaraan renang ini kurang lebih sebanyak 230 peserta. 

"Kami tadinya ingin mengadakan kejuaraan khusus untuk club di Kota Metro saja. Karena disini club renang dari luar Metro banyak yang antusias ingin mengikutinya dan tujuan kami juga sama, ingin menjaring para atlet-atlet yang berprestasi. Akhirnya disini kami membuka pendaftaran untuk club renang luar Kota Metro juga," ujarnya. 

Anggoro mengatakan, adapun peserta yang mengikuti dari luar Kota Metro yaitu dari Bandarlampung, Tanggamus, Pringsewu, Gisting, Kotabumi, Lampung Tengah dan Kalianda.

"Dalam Kejuaraan ini, diikuti juga dari luar Kota Metro. Namun disini kita batasi untuk pesertanya, mengingat saat ini masih dalam keadaan Pandemi. Dan disini kami juga sangat memperketat untuk protokol kesehatannya," katanya. 

Anggoro menjelaskan, untuk Kejuaraan renang ini diikuti dari katagori Kelas 1-6 SD, Kelas 1-3 SMP dan Kelas 1-3 SMA. 

"Ya disini yang mengikuti kejuaraan renang terdiri dari katagori tingkat SD sampai SMA. Yaitu dari katagori Kelas 1-6 SD, Kelas 1-3 SMP dan Kelas 1-3 SMA," jelasnya. 

Diharapakannya, dengan adanya kejuaraan ini dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi di Kota Metro.

"Karena Metro ini termasuk gudangnya atlet. Apalagi atlet-atlet ini banyak dari kalangan pelajar," pungkasnya. (Nia)