Hadiri Musrenbang di Sekincau, Parosil Minta Warga Sampaikan Aspirasi Skala Prioritas

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (pakai Selempang)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan "Sekincau" Tahun 2022 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat, yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Senin (14/02/2022).

Dikesempatan tersebut, Parosil meminta masyarakat dapat menyampaikan aspirasi pembanguanan menggunakan skala prioritas.

"Harapannya kepada para peserta Musrenbang di Kecamatan Sekincau ini, kita sama-sama mendiskusikan dan membicarakan terkait pembangunan dengan skala prioritas,"tuturnya.

Parosil pun meminta maaf kepada masyarakat Sekincau, lantaran pembangunan di kecamatan tersebut belum seluruhnya dapat ditangani. Mengingat anggaran pembangunan teralihkan untuk pencegahan dan penanganan covid-19.

Selain itu, Parosil mengakui, memang ada beberapa titik ruas jalan di Kecamatan Sekincau yang memang perlu untuk segera ditangani. Sehingga Parosil mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menindaklanjuti.

"Ada beberapa ruas jalan di Kecamatan Sekincau yang harus ditangani, tepatnya di Pekon Giham Suka Maju, Tiga Jaya dan Pampangan. Saya sampaikan kepada Dinas PU, pembangunan ini untuk dapat menjadi skala prioritas di tahun 2023,"tandasnya.

Sebelumnya, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sekincau, Wawan Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat di bawah kepemimpinan Bupati Parosil dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM), yang telah mencanangkan berbagai macam program, khususnya program pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan maupun di bidang keagamaan.

"Mewakili masyarakat Kecamatan Sekincau, khususnya bagi masyarakat Pekon Pampangan, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati yang telah banyak memberikan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sekincau. Kemudian adanya pembagian seragam sekolah gratis, insentif guru ngaji, marbot dan imam masjid,"urainya.

Selain itu, Wawan berharap Bupati Parosil dapat melanjutkan pembangunan infrastruktur ruas jalan di Kecamatan Sekincau yang saat ini belum seluruhnya tersentuh pembangunan.

"Kami sangat mengharapkan kepada Pak Bupati untuk bisa melanjutkan pembangunan jalan dan pembangunan lainya. Di Pekon Pampangan ini ada dua ruas jalan yang harapannya dapat diprioritaskan dalam pembangunan, yaitu jalan penghubung Pemangku Malang Jaya ke Pekon Giham Suka Maju,"tutupnya.

Sebagai informasi, Kehadiran Parosil di lokasi acara yang dipusatkan di Lapangan Kantor Kecamatan Sekincau itu disambut dengan arak-arakan budaya nyambai. Sebelum diarak, terlebih dahulu Parosil dikenakan selendang dan peci bermotif celugam khas Lampung Barat sebagai penghormatan dari masyarakat setempat. Setelah diarak budaya Nyambai, kehadiran Parosil bersama dengan Anggota DPRD dan Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat kembali disuguhkan Seni Kuda Lumping "Krido Siswo Budhoyo" dari Dusun Tegal Rejo Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau dan dilanjutkan dengan penampilan Tari Sembah Batin.-

Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Sekincau itu merupakan Musrenbang keenam yang talah dilaksanakan dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Lampung Barat.

Musrenbang tersebut didukung dengan adanya bazar produk unggulan UP2K, KWT, Gapoktan dan UMKM. Kemudian didukung adanya pelayanan administrasi kependudukan, perizinan usaha, pelayanan Keluarga Berencana (KB), Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) serta vaksinasi covid-19.

Pada acara tersebut Bupati lampung Barat, Parosil Mabsus secara simbolis melakukan penyerahan dana untuk Kecamatan Sekincau dan penyerahan Dana Desa (DD). Selanjutnya dilakukan pula penyerahan biaya penyelenggaraan Pendidikan Merata (PM) dan sarana prasarana pendidikan anggaran tahun anggaran 2022, penyerahan bantuan alat perkebunan dan bantuan bibit tanaman buah serta penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Kecamatan Sekincau.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Uspika Kecamatan Sekinau, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Peratin dan calon peratin, Kepala Sekolah, para Dewan Guru, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat. (kmf)