Bupati Tanggamus Terima Penghargaan Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (tengah)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani sekaligus Bunda Literasi menerima Penghargaan dari Perpustakaan Nasional sebagai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kota Agung KAbupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Kamis (24/02/2022).

Dewi Handajani. Dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanggamus atas kerja kerasnya sehingga Kabupaten Tanggamus meraih Penghargaan Perpustakaan terbaik Tingkat Nasional.

"Saya sebagai bunda Literasi Tanggamus terus berupaya untuk memajukan dan mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan minat baca, selain itu juga untuk melibatkan ketua PKK Kecamatan dan Pekon untuk bisa menambah wawasannya sebagai ketua PKK, dan sebagai Bunda Literasi dalam membantu dan sebagai mitra Pemerinta Daerah,"tuturnya.

Dijelaskan Dewi, ada 35 program inovasi yang sudah disampaikan dan programnya berjalan dengan baik, Bunda menilai semua itu luar biasa bisa mendukung bunda literasi di Tanggamus ini sehingga terwujud, terinplementasi dengan baik demi untuk kemajuan bagi generasi kedepan.

"Berbagai inovasi yang sudah diraih dan semoga dapat mendorong bahwa literasi bukan hal yang pilihan tetapi suatu hal kebutuhan,"imbuhnya seraya berharap, pekon dapat berperan aktif dalam memajukan literasi di Tanggamus.

"Kita akan lihat dan semoga tidak berlebihan. Karena semangat dan motivasi bunda tidak bisa sendiri, melainkan kerjasama kita semua. Agar bunda literasi dapat terimplementasi dengan baik di Kabupaten Tanggamus,. Mudah-mudahan dengan adanya Literasi bertambah lagi wawasannya serta bertambah lagi produk UMKM-nya dalam pembelajaran didalam Literasi,"tandasnya.

Sementara Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Johan Wahyudi mengatakan, sebagaimana ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional dan disampaikan juga secara seremonial penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional.

"Alhamdulillah dan satu-satunya di Lampung,"jelasnya.

Johan mengimbuhkan, Penghargaan ini adalah usaha dengan tetap mengedepankan dedikasi, motivasi dan fokus ke arah apa yang mau ditargetkan itu harus selalu dijadikan sebuah barometer untuk lebih maju kedepan.

Selain pengajaran terbaik Tingkat Nasional, sambung Johan, untuk Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanggamus diberikan juga Riwed untuk tiga Pekon di Kecamatan yakni Pekon Landsbaw Kecamatan Gisting, Gunung Terang Kecamatan Bulok, dan Sukabanjar Kecamatan Gunung Alip sebagai Pekon Literasi terbaik di Kabupaten Tanggamus.

"Kemudian dalam hal ini kita juga dibantu juga ilmunya sosialisasi mengenai bagaimana perpustakaan mampu menjalankan program strategis nasional berupa program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial konsepnya program nasional dan sebagai program prioritas ketiga dalam rangka penguatan manusia unggul berkualitas tangguh,"paparnya.

Diharapkan johan, kedepan Tanggamus lebih maju lagi tidak hanya secara predikat seremonial saja tetapi lebih dari itu. Perpustakaan betul-betul dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat.

"Jadi keberadaan institusi ini adalah bagian kebutuhan bagi masyarakat," pungkasnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Kadis Perpustakaan Gigih Rudiyanto, Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Arsip Daerah Johan Wahyudi dan Jajaran, Kepala Pekon dari tiga Kecamatan, dan Kabag Protokol Riens.(hms)