Pemerintah Lampung Barat Gelar Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Suasana  Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tahun 2022

BlogGua, Lampung Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menggelar Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) dengan Tema Strategi Penanganan Kemiskinan Berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Ruang Rapat Pesagi Kantor Bupati Lampung Barat, Selasa (04/01/2022).

"Penanggulangan kemiskinan merupakan kebijakan dan program pemerintah serta Pemerintah Daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana, bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam upaya meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat,"ujar Wakil Bupati Lampung Barat, Mad Hasnurin sebelum membuka secara resmi  Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) tahun 2022.

Lanjut Hasnurin, kegiatan program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, serta program lain untuk meningkatkan kegiatan ekonomi.

"Berkaitan dengan program penanggulangan kemiskinan, telah banyak program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui APBD antara lain berupa penyediaan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Merata (BPPM), jaminan kesehatan penduduk miskin di luar kuota, jampersal, rehabilitasi rumah tidak layak huni, bantuan sembako untuk lansia, Ibu hamil dan balita dari keluarga kurang mampu, pelatihan dan stimulan untuk kube, dan masih banyak lainnya,"imbuhnya.

Dipaparkan Hasnurin, seluruh kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka penanggulangan kemiskinan berupa program kegiatan hanya akan dapat memberikan dampak terhadap penurunan kemiskinan di Lampung Barat.

"Ketika seluruh upaya yang telah dilakukan tepat sasaran yang berarti penerima manfaat dari program dan kegiatan tersebut memang masuk dalam kategori masyarakat tidak mampu, untuk itu dibutuhkan dukungan ketersediaan data yang valid serta dapat dipertanggung jawabkan,"jelasnya.  

Dipaparkan juga oleh hasnurin, berkaitan dengan ketersediaan data tersebut, maka Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan sumber data utama dalam menentukan sasaran atau penerima manfaat dari seluruh program dan kegiatan dalam rangka penanggulangan kemiskinan baik yang bersumber dari pembiayaan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

"Peran Pemerintah Daerah dalam pemutakhiran data kemiskinan diamanatkan dalam UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan UU 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin,"tegasnya.

Peraturan tersebut, jelas Hasnurin, memuat peran penting Pemerintah Daerah dalam menentukan verifikasi dan validasi data kemiskinan.

Secara kelembagaan, sambung Hasnurin, TKPK Kabupaten Lampung Barat yang terdiri dari TKPK Kabupaten, TKPK Kecamatan dan TKPK Pekon/Kelurahan sebagai wadah koordinasi lintas sektor serta lintas pemangku kepentingan untuk penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Lampung Barat memegang peran penting dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Lampung Barat. 

"Saya mengharapkan kerjasama semua pihak terutama camat dan peratin/lurah serta aparat pekon/kelurahan dan semua lintas sektor terkait, agar pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu serta menghasilkan data yang valid, untuk itu pastikan pelaksanakan pemadanan data telah dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan sesuai fakta yang ada di lapangan,"pungkasnya seraya membuka Rakor tersebut.

Tampak hadir dalam Rakor tersebut,  Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Staf Ahli, Assisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lampung Barat dan secara  virtual tampak dihadiri, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat, Seluruh camat yang ada di Kabupaten Lampung Barat, Koordinator PKH dan TKPK Kabupaten Lampung Barat, Ketua TKPK Kecamatan dan Ketua TKPK Pekon se-Kabupaten Lampung Barat, Korda Sembako/BPNT Lampung Barat. (Diskominfo Lambar)

0 Komentar

Silahkan Komentar