Parosil Ingin Vaksinator Tidak Paksa Anak 6-11 Tahun Untuk Divaksin

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (Topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Kalaupun kondisi anak itu saat akan di vaksin sekolah dalam situasi mungkin dia ada khawatir, cemas dan takut ataupun katakanlah nangis, kepada vaksinator untuk tidak memaksakan kehendak melakukan vaksin terhadap anak tersebut.

Hal itu sebagaimana yang diharapkan oleh Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus saat menghadiri acara Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun di Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022 yang dipusatkan di SD Negeri 1 Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit Kabbupaten Lampung Barat, Selasa (18/01/2022).

"Lakukan vaksinnya dengan cara yang lebih manis yaitu mungkin vaksinatornya datang ke rumah anak tersebut, atau mungkin anaknya diangkat langsung dengan orang tuanya ke salah satu tempat vaksin bisa jadi puskesmas, bisa jadi rumah sakit dan gerai-gerai yang di siapkan oleh satgas covid-19,"imbuhnya.

Sebelumnya disampaikan Parosil, hari ini Pemkab Lambar melaksanakan Launching ataupun pelaksanaan vaksin Covid-19 sasarannya adalah pelajar dengan usia 6-11 tahun.

"Tujuan kita yang pertama tentu kita ingin memastikan hadirnya pemerintah memberikan perlindungan dari kondisi kesehatan kepada seluruh bangsa dan negara. Kedua tentu kita ingin keberlangsungan belajar tatap muka bisa dilaksanakan dengan penuh kenyamanan, kegembiraan dan suasana yang tenang baik bagi anak itu sendiri maupun orang tua dan mungkin bagi para guru,"papar Parosil. 

Karena, menurut Parosil, semua sudah sama - sama menyadari, 2 tahun anak-anak belajar dengan pola daring, ini menjadi sebuah masalah bagi anak-anak sendiri. Karena, lanjut Aprosil, suasana kebatinan akan berbeda, suasana kegembiraannya belajar dan mengajar. Oleh karena itu, Parosil berharap suasana yang dulu sempat tertinggalkan karena pandemi covid-19 sebentar lagi akan kembali.

"Saya menghimbau kepada seluruh orang tua siswa mohon dukungannya, mohon kerja samanya agar kiranya anak-anak yang berusia 6-11 tahun agar segera di vaksin,"tuturnya. 

Diakhir, Parosil mengingatkan, terkait vaksin tahap pertama di Lampung Barat mencapai angka 85% lebih tetapi vaksin yang tahap ke dua  kita baru 56% artinya hampir 40% yang belum di vaksin tahap ke dua.

"Saya minta kepada Bapak/Ibu yang belum divaksin segera melakukan vaksinasi,"tandasnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widyatmoko Kurniawan memaparkan, sebagaimana kita ketahui, pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia sejak akhir tahun 2019 masih tetap berlangsung hingga saat ini, tidak terkecuali di Kabupaten Lampung Barat yang kita cintai ini. 

Dalam upaya memperluas cakupan sasaran vaksinasi Covid-19, lanjut Kurniawan, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, maka di Kabupaten Lampung Barat akan segera dilaksanakan vaksinasi pada 33.660 anak usia 6-11 tahun.

"Vaksin yang digunakan adalah Sinovac 0,5 ml, diberikan sebanyak 2 kali dengan interval 28 hari pada 251 SD/MI Sederajat serta 262 Posyandu untuk menjaring anak usia 6 tahun yang belum bersekolah,"jelasnya. 

Dipaparkan juga oleh Kurniawan, tahapan vaksinasi ini dimulai dengan persetujuan orang tua yang dibuktikan dengan tandatangan pada lembar inform consent, skrining kesehatan pada anak dan pelaksanaan vaksinasi dengan pendampingan oleh orangtua anak.

"Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun dijadwalkan pada tanggal 18 Januari — 10 Februari 2022,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk Anak usia 6-11 tahun tersebut dilakukan secara serentak yang diikuti seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat secara virtual.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan bingkisan kepada para siswa/siswi yang telah melakukan vaksinasi covid-19. Bingkisan itu diserahkan langsung Bupati Lampung Barat,  Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin, Kapolres Lampung Barat, Dandim 0422/LB dan Ketua TP-PKK Lampung Barat sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap anak-anak yang antusias melakukan vaksinsi covid-19.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sugeng Raharjo, Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Rusdi,  Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat dr. Kurniawan Widyatmoko S.Pb., Kasat Pol PP, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Haiza Rinsa, Direktur UPT Dinas Kesehatan RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman. (Diskominfo Lambar)

0 Komentar

Silahkan Komentar