Mendagri Hadiri Rapat Evaluasi Program Kerja Provinsi Lampung, Winarti Juga Hadir!

Bupati Tulang Bawang, Hj. Winarti (masker Pink)

BlogGua, Bandar Lampung - Bupati Tulang Bawang, Hj. Winarti menghadiri undangan Rapat Monitoring, Evaluasi Program dan Kegiatan Strategis di Provinsi Lampung bersama Mendagri RI, M. Tito Karnavian di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung, Bandar Lampung, Rabu (05/01/2022) malam.

"Saya minta pemerintah daerah segera menyiapkan skenario perhitungan jumlah vaksin menjelang pemberian vaksinasi COVID-19 penguat (booster) guna mempermudah distribusi vaksin,"ujar Tito dalam acara.

Dijelaskan Tito, untuk vaksinasi booster ini akan mulai dilaksanakan tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi secara nasional pada tanggal 12 Januari 2022.

"Distribusi vaksin booster ini memang diatur oleh Kemenkes. Namun daerah perlu membuat skenario perhitungan dan direkapitulasi untuk jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan yang di luar itu sehingga pendistribusian akan sesuai kriteria dengan jumlah yang pas,"papar Tito.

Dikesempatan tersebut, Tito pun mengapresiasi Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi atas kinerja dalam penanganan COVID-19 dan dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Kekompakan ini juga dibangun bersama para Bupati/Wali Kota dan Forkopimda sehingga COVID-19 di Provinsi Lampung dapat terkendali dengan baik,"ungkapnya. 

Terimakasih, lanjut Tito, karena ini menunjukkan ada kekompakan bersama Forkopimda dan para bupati/wali kota. Kuncinya adalah Bapak Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur bisa membangun sinergitas itu, terimakasih kerja keras semua pihak.

Ditegaskan Tito, kedatangannya memenuhi undangan Gubernur Lampung untuk berkunjung ke Lampung, secara khusus Kemendagri tidak mengagendakan kunjungan kerja ke Lampung. Karena Tito melihat, tidak ada banyak masalah di Lampung.

"Hampir dua tahun semenjak Bapak menjabat, saya pertama kali datang dan yang kita lihat tidak banyak masalah, baik-baik saja,"kata Tito dihadapan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang disaksikan seluruh Kepala Daerah se-Provinsi Lampung.

Tak lupa, Tito meminta seluruh Kepala Daerah terus mengkampanyekan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran COVID-19 varian Omicron.

"Saya sudah sampaikan kepada Gubernur Lampung, Wali Kota, dan Bupati agar tetap mengkampanyekan prokes, terutama penggunaan masker. Karena apa pun variannya semua masuk lewat rongga pernapasan,"tuturnya.

Tito mengimbuhkan, agar sseluruh Kepala Daerah di Lampung mempercepat vaksinasi, terutama untuk warga lanjut usia (lansia) dengan cara "door to door". Dengan begitu diharapkan tingkat kematian dan keterjangkitan masyarakat terhadap COVID-19, terutama orang tua bisa menurun.

"Seluruh Kepala Daerah agar tidak lengah. Karena dalam dua pekan ke depan, setelah Natal dan Tahun Baru 2022 merupakan masa yang sangat penting dan mudah-mudahan tidak ada lonjakan secara nasional, termasuk kasus di Lampung tetap landai,"ajaknya.

Tito menilai, ini tes yang sangat penting dengan kekebalan tubuh yang cukup tinggi jadi modal kita. Adanya varian Omicron mudah-mudahan bisa diatasi oleh kemampuan antibodi yang telah diumumkan relatif tinggi.

"Ketika ada lonjakan kasus masuk rumah sakit diberikan perawatan maksimal kita sudah siap. Dalam satu bulan ini, saya minta betul-betul disiapkan semuanya, baik itu obat, tenaga kesehatan, oksigen, dan lainnya, kita harus belajar dari pengalaman yang lalu,"tandasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Gubernur Lampung Arinal, Djunaidi mengatakan, situasi Pandemi Covid-19 di Lampung sampai dengan tanggal 5 Januari tahun 2022 dalam keadaan terkendali dengan proporsi kasus hanya sebesar 0,77% dan angka kesembuhan sudah mencapai lebih dari 91,54%. Dan hingga saat ini belum ditemukan kasus terkonfirmasi Varian Omicron di Provinsi Lampung.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung. (Diskominfo)

0 Komentar

Silahkan Komentar