Wagub Chusnunia Buka Kursus Orientasi Jajaran Mabinda Kwarda Pramuka Lampung

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim membuka Kursus Orientasi bagi jajaran Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Daerah Harian, Majelis Pembimbing Satuan Karya, Majelis Pembimbing Satuan Komunitas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung tahun 2021, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (4/11/2021).

Dalam arahannya, Chusnunia menyampaikan bahwa sebagai pembimbing harus menguasai bidangnya. Oleh karena itu, sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka harus memahami tugas pokok dan fungsi majelis pembimbing yaitu memberi bimbingan, memberikan bantuan, dan sebagai tempat konsultasi gudep, satuan, dan kwartir yang bersangkutan.

"Pramuka diharapkan dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi covid-19” ujar Chusnunia.

Wagub Chusnunia menjelaskan membimbing artinya memberi arahan, saran, nasehat, dan dukungan moral. 

"Memberi bantuan, maksudnya mengusahakan kesempatan, fasilitas, maupun dana. Sebagai tempat  konsultasi  maknanya, gudep, satuan, dan kwartir dapat berkonsultasi mengenai permasalahan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan citra Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Chusnunia menambahkan bahwa sudah menjadi kewajiban Mejelis Pembimbing (Mabi) di Gerakan Pramuka untuk terus memberikan dorongan dan dukungan dalam menyusun program pelatihan yang terarah dan bermanfaat bagi peserta didik. 

“Pramuka sejak masih berbentuk kepanduan memilki tujuan yang mulia yakni pembentukan karakter terhadap peserta didik sehingga mampu menjadi kekuatan dan harapan bagi bangsa dan negara yang kita cintai Bersama,” jelasnya.

Peranan orientasi kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter bagi kaum muda. 

“Oleh sebab itu Pemprov Lampung yakin dan percaya bahwa peranan Gerakan Pramuka sangat strategis dan penting. Gerakan Pramuka akan menjamin  terbentuknya   karakter,  watak kepribadian dan akhlak mulia kaum muda dan harus menjadi yang terdepan melaksanakan revolusi mental, revolusi menjadi bangsa memiliki karakter yang baik, jujur, disiplin beretos kerja, tangguh dan bertanggungjawab dengan bersandar nilai-nilai budayanya yang baik,” ujarnya.

Melalui kesempatan itu, Wagub mengapresiasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung atas terselenggaranya kegiatan ini. Dia mengucapkan selamat mengikuti orientasi dalam upaya meningktakan kerjasama dan koordinasi, serta menambah wawasan yang lebih luas lagi di bidang Kepramukaan.

 Pada kesempatan itu, Universitas Lampung dan Gerakan Pramuka Lampung juga menandatangani nota kesepakatan (MoU) dalam bidang kegiatan kepramukaan. Kerja sama tersebut antara Ketua Kwarda Lampung dengan Rektor Universitas Lampung.

Selain itu dilakukan juga penandatanganan MoU antara Kepala Pusdiklat Kwarda Lampung dengan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan Dekan Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Lampung. (Adpim)