Pengda dan Srikandi TP Sriwijaya Lampung Gelar Silaturahmi

Perwakilan dari PP TP Sriwijaya Yorrys Syailendra, Dewan Kehormatan Srikandi TP Sriwijaya Lampung Andy Achmad SJ, ketua TP Sriwijaya Lampung Nurhasanah dan Ketua Srikandi TP Sriwijaya Wally Syahfri

BlogGua, Bandar Lampung - Pengurus Daerah (Pengda) Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya Lampung dengan Pengurus Daerah (Pengda) Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya Lampung, menggelar silaturahmi. Silaturahmi tersebut bertempat di Ri'is Kitchen & Coffee Jl. Kartini Bandar Lampung, Jum’at (5/11), Pukul 14.00 s/d 18.00 Wib.

Dalam sambutannya, Ketua TP Sriwijaya Lampung Hj. Nurhasanah mengatakan, TP Sriwijaya didrikan untuk mempertahankan NKRI, melanjutkan Perjuangan Kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan, meningkatkan pembangunan Nasional dan Daerah guna mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera, makmur, aman dan tentram.

"Serta ebagai mitra Pemerintah Daerah membantu  untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya, khususnya di daerah Sumbagsel dan mengembangkan sumber daya alam guna pembangunan berkesinambungan,"imbuhnya.

Selain itu Nurhasanah menjelaskan, TP Sriwiijaya merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang bermitra dengan pemerintah daerah dan pusat dan tidak berafiliasi, bernaung atau berada dibawa partai politik manapun.

"Meski pengurusnya ada yang aktif diberbagai partai politik. Organisasi ini bentuk pengabdian kita kepada daerah asal. Oleh karena itu organisasi pengabdian, kita jangan sampai ada perbedaan yang menimbulkan perselisihan,” Jelas Kader PDI Perjuangan itu.

Nurhasanah yang juga Anggota DPRD Lampung tersebut menegaskan, TP Sriwijaya harus bersinergi dengan pemerintah, Sehingga apa yang menjadi tujuan organisasi bisa sampai.

”Organisasi kita harus bekerjasama dengan pemerintah. Jangan sampai menyaingi pemerintah. Jadi kita harus mendukung konsep-konsep pemerintah, untuk turut memajukan provinsi kita,” Tutup mantan Ketua DPRD Lampung diera Gubernur Sjahroedin ZP itu.

Sementara Ketua Pengda Srikandi TP Sriwijaya Lampung Hj. Wally Syahfri dalam sambutannya mengatakan, Srikandi TP Sriwijaya Lampung yang meliputi belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung) menunjukan semangat perempuan-perempuan Lampung yang luar biasa, untuk mendedikasikan dirinya dalam wadah Srikandi TP Sriwijaya Lampung.

”Kita sebagai perempuan-perempuan Lampung yang terdiri dari berbagai kalangan berkomitmen konsentrasi pada isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Serta dukungan pemerintah provinsi Lampung sangat kami rasakan, Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik dan mejadi amal sholeh,”ungkap Bu Wally, Sapaan Akrabnya.

Dalam kesempatan tersbut hadir Kanjeng Andy Achmad Sampurna Jaya yang juga Dewan Kehormatan Srikandi TP Sriwijaya Lampung dan memberikan sambutan, Dikatakannya bahwa dirinya sangat bahagia dapat hadir ditengah-tengah kegiatan yang positif ini.

”Saya sangat bergembira karena bisa hadir disini hari ini, dan semua yang ada disini saya kira semua bukan orang lain, artinya kita sudah saling mengenal. TP Sriwijaya ini sebagai organisasi kemasyarakatan yang positif dan ketika itu kita sempat bergabung bersama bahkan membuat program-program dan sempat bersama-sama membuat lagu-lagu bersama seniman dari Sumatera Selatan, Saat masih merantau di Jakarta”,  Kenang Kanjeng Andy yang juga Mantan Bupati Lampung Tengah.

Sambutan ditutup oleh Perwakilan dari Pengurus Pusat TP Sriwijaya Yorrys Syailendra yang menjelaskan bahwa untuk diketahui, Tenaga Pembangunan Sriwijaya adalah organisasi kemasyarakatan milik masyarakat Bumi Sriwijaya (Sumbagsel), yang meliputi Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung, yang disingkat dengan Belajasumba.

"Organisasi ini didirikan oleh Eks Tentara Pelajar Sriwijaya, yang selanjutnya menjadi Tenaga Pembangunan Sriwijaya, karena Eks Tentara Pelajar sudah tiada", imbuhnya.

Sedangkan, lanjut Yorrys, Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya adalah organisasi perempuan se-Sumbagsel yang merupakan sayap dari Tenaga Pembangunan Sriwijaya, berkedudukan sebagai pengurus pusat guna mengembangkan pengurus daerah Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya di wilayah Sumbagsel", Tambah Penggiat Pariwisata itu.

"Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya merupakan organisasi atau paguyuban yang kepengurusannya  dibentuk oleh Pengurus Pusat Tenaga Pembangunan Sriwijaya, meliputi Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung," jelas Yorrys yang juga Putra Sumbagsel asal Lampung itu.

Diakhir Yorrys menjelaskan,  pendirian Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya dilandasi keinginan kolektif perempuan-perempuan yang memiliki keterikatan secara keturunan, perkawinan, atau keterikatan emosional dengan Belajasumba, untuk memajukan diri secara pribadi dan bersama-sama mewujudkan perempuan dan anak Indonesia yang maju dan sejahtera berlandaskan Pancasila.

Acara yang dihadiri 60 Pengurus TP Sriwijaya Lampung dan Srikandi TP Sriwijaya Lampung tersebut berlangsung hangat, Meriah dan penuh keakraban. Acara yang dimulai dengan Sambutan, Doa, Foto bersama, Ramah Tamah, Makan bersama dan hiburan itu, Sempat diselingi pemotongan kue ulang tahun untuk Ketua TP Sriwijaya Lampung Nurhasanah yang kebetulan berulang tahun. 

Tampak hadir Pengurus TP Sriwijaya Lampung diantaranya Ketua Hj. Nurhasanah, SH., MH., Bersama para Wakil Ketua, Wakil Sekretaris dan Wakil Bendahara diantaranya Prof. Dr. Nirva Diana, KRT. Oking Ganda Miharja, SH., MH, H. Darusallam, SH, Johan Nasri, Rustam, Samsul Hadi, R. Prabawa, Firmansyah, Edwin Subiantoro, Yanto Sahrial, Febrian Welly Atmaja, Ahmad Husaini, Alvi Noor, Didi Supriadi dan lain-lain. Sedang Pengurus Srikandi TP Sriwijaya hadir Lengkap Dewan Kehormatan H. Andy Achmad Sampurnajaya, Dewan Penasehat Nyimas Puteri, Ketua Hj. Wally Syahfri, Sekretaris Yunita Sesunan, Bendahara Leily Kurniati, Para Wakil Ketua diantaranya Susi Haryantini, Misdalena, Elli Yanti, Yanti Yulidarti, Nurhidayati. Wakil Sekretaris diantaranya Renny Cynthya Dewi, Yenni Mariani, Husnawati dan Wakil Bendahara Eva Agustina, Febriani Anggriani serta 13 ketua bidang dan anggotanya. (*)