Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Lakukan Pembinaan Organisasi di Pringsewu

Ketua Tp-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal (kiri)

BlogGua, Pringsewu - Kunjungan Kerja Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal disambut dengan Tarian Bedana Lunik oleh 6 orang penari cilik dari Paud Latifah 3 Sidoharjo, di Aula Kantor Bupati Pringsewu, Senin (08/11).

Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang juga sebagai Ketua PMI Pringsewu, Ketua TP PKK Pringsewu Nur Rohmah Sujadi, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Dalam sambutannya Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa pandemi covid-19 telah berlangsung hampir 2 tahun dan membawa dampak yang sangat luar biasa, baik secara kesehatan, ekonomi, sosial maupun budaya.

"Pandemi telah membawa dampak yang sangat luar biasa pada masyarakat, mulai dari kehilangan anggota keluarga hingga kehilangan mata pencaharian. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua," ucapnya.

Namun demikian, menurut Riana, semangat saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini.

"Kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”, untuk mengingatkan kita semua bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama dimasa pandemi ini," ucap Riana Sari Arinal.

Dengan berbagai Gerakan untuk saling berbagi serta program yang pelopori oleh PKK beserta 7 Organisasi kewanitaan lainnya, yakni Dekranasda, Pokja PAUD, Pokja Literasi, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia, dan Yayasan Jantung Indonesia, Palang Merah Indonesia. Riana Sari Arinal berharap semua rintangan yang diakibatkan oleh pandemi covid-19 akan mampu untuk diatasi, diantaranya dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

1. Dekranasda

Pengembangan kerajinan berbahan dasar bambu, gerabah dan batik dengan motif khas Kabupaten Pringsewu yaitu motif bambu.

2. Pokja PAUD

Yakni dengan mewujudkan PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan, serta program Satu desa satu PAUD

3. Pokja Literasi

Mengkampanyekan literasi untuk meningkatkan minat baca, Program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal, dan program satu desa satu perpustakaan/pojok baca desa.

4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial 

Yakni dengan meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang disekitar kita, Pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua dampak pandemi COVID-19. Serta inisiasi Sekolah Lanjut Usia oleh LKKS Kabupaten Pringsewu.

5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia 

Melakukan pendampingan bagi atlet wanita berprestasi, memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga

6. Yayasan Jantung Indonesia

Memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok), dan pemeriksaan kesehatan secara berkala

7. Palang Merah Indonesia

Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, dan percepatan cakupan vaksinasi, serta aktif dalam kampanye pelaksanaan donor darah, plasma konvalesen maupun pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pringsewu

Riana Sari Arinal sangat berharap, dapat terus menjalin kerjasama antar organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat.

"Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial, ekonomi maupun budaya," ujarnya

"Terima kasih juga saya sampaikan atas peran aktif seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Pringsewu serta dukungan penuh dari Bapak Bupati beserta jajaran. Semoga pandemi ini segera berlalu, dan kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun Bumi Lampung yang kita cintai," tutupnya.

Sementara itu Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengucapkan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal atas dukungan, pembinaan serta bantuan yang telah di berikan.

Pada kesempatan tersebut, Riana Sari Arinal juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako, alat shalat, alat tulis, hygiene kit, bibit tanaman dan budidaya ikan dalam ember kepada pondok pesantren, panti asuhan, ibu hamil, balita kurang gizi, desa, KWT dan PKK desa.

Selain itu, pada kunjungan kerjanya di Pringsewu Riana Sari Arinal selaku ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung didampingi Ketua LKKS Kabupaten Pringsewu Nur Rohmah Sujadi, meresmikan Sekolah Lanjut Usia Amanah Bunda, di Sidoharjo, Pringsewu. (Diskominfotik Provinsi Lampung)

0 Komentar

Silahkan Komentar