Ketua Dekranasda Lampung Launching Kain Tenun Sulam Jelujur Khas Pesawaran

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal

BlogGua, Pesawaran - Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal melaunching kain tenun Sulam Jelujur, di komplek perkantoran Pemda Kabupaten Pesawaran, Senin (25/10/2021).

Kehadiran Riana Sari Arinal disambut langsung  Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi. beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi mengucapkan selamat datang dan apresiasi kepada ketua Dekranasda Provinsi Lampung atas dukungan dan  berkenan hadir dalam kegiatan launching hari ini.

Diselenggarakannya  kegiatan launching kain tenun  Sulam Jelujur bertujuan mendorong kiprah pelaku ekonomi kreatif dan mempromosikan karya para perajin serta sebagai upaya meningkatkan ekonomi para perajin.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya menggali dan mengembangkan potensi masyarakat serta melestarikan warisan budaya Kabupaten Pesawaran yang bersinergi dengan seluruh perajin dan stake holder di Kabupaten Pesawaran.

Diceritakan ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran, bahwa  kain tenun  Sulam Jelujur sudah merambah hingga Croasia, Nederlan dan Afrika.

Kain tenun Sulam Jelujur merupakan kain khas Kabupaten Pesawaran warisan budaya lokal yang disulam oleh perajin - perajin yang merupakan pelaku UKM dari desa Sungai Langka Kabupaten Pesawaran.

Sementara itu Bupati Pesawaran berharap dengan dilaunchingnya kain tenun Sulam Jelujur oleh ketua Dekranasda Provinsi Lampung akan memberikan motivasi bagi para perajin untuk lebih giat berinovasi sehingga memberi dampak pada pertumbuhan  perkonomian.

 "Semoga dengan kehadiran Ibu Riana Sari menjadi berkah tersendiri bagi Kabupaten Pesawaran", ucap Bupati Dendi.

Bupati Dendi berkomitmen, setelah dilaunching oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, dirinya  akan terus mengembangkan dan mempromosikan kain sulam jelujur sebagai upaya mengangkat nilai budaya lokal dan meningkatkan  nilai tambah untuk perajin.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengungkapkan bahwa kain tenun Sulam Jelujur merupakan salah satu kekayaan budaya  yang dimiliki  oleh Provinsi Lampung yang mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri.

Kain tenun Sulam Jelujur adalah salah satu  produk khas dari daerah Lampung yang  perlu sentuhan inovasi dari tangan - tangan kreatif, saat ini ada  130  perajin dari 8 kelompok yang ada di Kabupaten Pesawaran. Menurut Riana Sari, peran dan dukungan Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan melalui regulasi, permodalan dan pemasaran.

Riana Sari Arinal berharap dengan adaya launching kain tenun Sulam Jelujur memberikan dampak ekonomi secara luas kepada masyarakat,  membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian.

Dekranasda Provinsi Lampung terus berupaya mendorong Kabupaten/Kota untuk menggali potensi daerahnya masing dan mengajak perajin serta UKM untuk mengembangkan dan memasarkan hasil kerajinan lokal sehingga bisa dikenal oleh masyarakat  luas.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini, kita Dekranasda harus bersinergi, saya berharap, ini demi kemajuan Dekranasda  dan UMKM,  kita harus berinovasi melalui perajin - perajin di Kabupaten", ucap Riana.

Diinformasikan pula bahwa  penyelenggaraan Lampung Craft akan dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2021 sebagai  persiapan Ina Craft yang sudah 2 tahun selama Pandemi Covid-19 tidak dapat digelar.

Riana Sari juga mengharapkan kepada  Dekranasda Kabupaten/Kota dapat menjalin kerjasama dengan para desainer nasional agar produk - produk kerajinan dapat diperkenalkan dan dipromosikan hingga ke negara - negara lain sehingga akan memberikan dampak positif untuk kemajuan hasil  kerajinan Lampung.

"Jika ingin cepat go Internasional kita harus menggandeng disainer Nasional", lanjutnya.

Riana Sari juga mendorong Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memberikan kesempatan kepada perajin - perajin untuk berinovasi dan  mengikuti berbagai event baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional,   seperti pameran, pelatihan bagi perajin dan lain sebagainya.

Sambutan Ketua Dekranasda ditutup dengan sebuah pantun, "Satu Titik Dua Koma, Sulam Jelujur Cantik, Kabupaten Pesawaran yang punya", ucap Riana Sari.

Launching ditandai dengan penekanan tombol dan penyerahan buku Filosofi Sulam Jelujur Pesawaran Lampung yang diserahkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran kepada Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dilanjutkan dengan meninjau  penyulaman kain tenun Sulam Jelujur. 

Acara dihadiri Wakil Ketua Dekranasda, Mamiyani, Sekretaris Dekranasda, Rusdiana Dewi, Kepala Perwakilan BI, Budiharto, Direktur Bank Lampung,  Wakil Bupati, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, desainer, perajin dan pelaku UKM.

Usai melaunching kain tenun Sulam Jelujur, Riana Sari Arinal didampingi Bupati Pesawaran, Ketua Dekranasda, Kepala Perwakilan BI,  anggota Forkopimda Kabupaten  Pesawaran dan tamu undangan yang hadir  melakukan penebaran benih ikan bantuan dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung di kolam komplek perkantoran Pemda Pesawaran.(Diskominfotik Lampung).

0 Komentar

Silahkan Komentar