Dekranasda Lampung Gelar Pameran Lampung Craft 2021

 

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal

BlogGua, Bandar Lampung - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung menggelar Lampung Craft kedua tahun 2021. Kegiatan yang dipusat di Graha Wangsa Jl. Yos Sudarso Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung selama tiga hari, 27-29 Oktober 2021.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, Lampung Craft sempat tertunda setahun akibat pandemi Covid-19. Meski tahun ini pandemi Covid-19 sudah melandai, namun kegiatan pemeran produk-produk UKM Lampung ini tetap menerapkan protokol kesehatan baik saat acara pembukaan atau berlangsungnya pameran.

Sesuai hasil rapat pemantapan panitia yang dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Mamiyani Fahrizal, didampingi Sekretaris Dekranasda Rusdiyana Dewi Adi, pembukaan Lampung Craft 2021, dilakukan pada 27 Oktober siang dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi. Lalu ada  penayangan video Soft Opening Galeri Dekranasda di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Gubernur Lampung yang akan ditandai dengan pengguntingan pita.

Rusdiyana Dewi menjelaskan, Ikon Lampung Craft ke-II atau tuan rumah Lampung Craft 2021 adalah Kabupaten Tanggamus. Karena itu, nuansa pembukaan acara banyak mengangkat budaya dari Tanggamus. Termasuk penyambutan kedatangan Gubernur dan rombongan akan disambut dengan arakan adat Pincak Khakot dengan diiringi musik rebana. Kemudian pada seremonial Pembukaan Lampung Craft dilakukan dengan prosesi pemukulan rebana Tanggamus.

Rusdiyana Dewi menjelaskan, sebelum pembukaan acara, dilakukan talkshow dengan Tema "Peningkatan Daya Saing Usaha". Kegiatan talkshow peningkatan daya saing usaha dengan narasumber Penggiat.

Pariwisata Lampung dan PT. Pegadaian untuk sosialisasi dukungan pegadaian. Lalu pada malam hari ada Penampilan Fashion Show oleh Desainer APPMI. Pada pembukaan Lampung Craft akan ada Launching Majestik Tanggamus. Launching lagu Najestik Tanggamus dan tarian dengan menari bersama Ketua Dekranasda Provinsi bersama Bupati Tanggamus dan Ketua Dekranaada Kabupaten/Kota.

Kemudian pada hari kedua, 28 Oktober, banyak penampilan antara lain; Penanyangan Video Promosi Pariwisata dan Ekraf Tanggamus Tanggamus, Games Interaktif dan bagi-bagi hadiah. Demo Kerajinan KhasTanggamus dan Pengenalan Produk kerajinan Khas Tanggamus. Penampilan Fashion Show oleh Dekranasda Kab Tanggamus.

Siang harinya, ada Talkshow dengan Tema "Pemulihan Ekonomi Indonesia Dengan Penguatan Peran Serta UMKM Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional" dilanjutkan Penandatangan Nota Kesepahaman/Kerjasama (MoU).

Pada hari ketiga, 29 Oktober ada Kejuaraan Barista Lampung "AEROPRESS CONTEST". Berbagai hiburan dan tarian.

Ditambahkan Rusdiyada Dewi, Lampung Craft 2021 menyediakan 46 stan dan semua sudah terisi. Selain diisi oleh Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota, stan diisi oleh para perajin di Lampung dan luar Lampung. (*)

0 Komentar

Silahkan Komentar