Lampung Barat Desak Pemerintah Pusat Bantu Selesaikan Konflik Gajah

Suasana Rakor Forkopimda Lampung Barat

BlogGua, Lampung Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat mendesak Pemerintah Pusat untuk ikut membantu dalam penyelesaian konflik gajah yang terjadi di Kecamatan Suoh dan Bandar Negri Suoh (BNS).

Hal tersebut sebagaimana diketahui dari pembahasan dalam Rapat Koordinasi (rakor) para anggota Forkopimda Lampung Barat terkait konflik Gajah di Lamban (Rumah) Dinas Bupati Lambar, Komplek Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Selasa (14/09/2021).

Dimana, dalam rakor tersebut dibahas langkah dan upaya penanganan terkait konflik masyarakat Pekon Suka Marga dengan kawanan gajah yang sudah berlangsung menahun tersebut, termasuk di dalamnya meminta keterlibatan pemerintah pusat melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

“Meski sudah berlangsung sejak lama, namun belum ada solusi permanen menangani konflik gajah yang terjadi di Kecamatan Suoh dan BNS, untuk itu kita berharap pemerintah pusat melalui kementrian LHK bisa ikut membantu penyelesaian konflik gajah dengan masyarakat suoh,” pinta Parosil.

Dijelaskan Bupati Parosil, konflik gajah dengan masyarakat Suoh dan BNS yang terjadi hampir dalam setiap tahun tersebut bukan hanya berdampak terhadap perekonomian dan kehidupan masyarakat, melainkan juga sudah mengancam nyawa masyarakat yang ada di dua kecamatan tersebut.

Konflik Gajah di Kecamatan Suoh dan BSN ini, lanjut Bupati Parosil, sudah menjadi perhatian dan prioritas pemerintah daerah dalam penyelesaiannya sejak dulu, dan pemda akan terus berupaya semaksimal mungkin termasuk berkordinasi dengan lintas sektor

Selain itu, Bupati Parosil juga sudah melakukan kordinasi dengan komisi IV DPR RI guna meminta dukungan dan bantuan terkait penyelesaian konflik gajah yang terjadi di Kecamatan Suoh dan BNS tersebut.

“Saya sudah berkordinasi langsung dengan Ketua Komisi IV DPR RI Pak Sudin, beliau menyambut baik, dan memastikan akan segera turun ke Lambar,” tutur Bupati Parosil.

Disampin gitu Bupati Paroisl mengatakan, jika tidak ada halangan, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin akan datang dan hadir secara langsung ke lokasi konflik gajah yang terjadi di Kecamtan Suoh dan BNS pada hari Jum’at (18/9) mendatang.

“Kita sangat berharap atas kehadiran Ketua Komisi IV Pak Sudin, karna kita yakin Pak Sudin bisa membantu memberi solusi  penyelesaian konflik yang terjadi,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara, Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat Edi Novial, S. Kom., Dandim 0422 Lampung Barat Letkol CZI Benni Setiawan, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) Wilayah II Liwa, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung melalui Kelompok Pengelola Hutan (KPH), Ketua Komisi Dua DPRD Lambar Sarwani dan sejumlah pejabat teras Pemkab setempat. (Diskominfo)

0 Komentar

Silahkan Komentar