Bupati Tanggamus Harapkan Perbankan, Perbanyak Jenis Program Bantuan

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (Pink)

BlogGua, Tanggamus - Para petani yang mengikuti Program Petani Berjaya di Kabupaten Tanggamus mendapatkan pupuk dengan jumlah yang cukup. Selain itu diera 4.0 ini terdapat aplikasi yang memudahkan para petani, termasuk dukungan dari perbankan untuk modal usaha.

Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani saat menerima Kunjungan Kerja Staf Kepresidenan RI dalam rangka Verifikasi Lapangan Terkait Pertanian di Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di Dusun Sailing Pekon Sumbermulyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus, Kamis (23/09/2021).

"Semoga kedepannya lebih banyak lagi bantuannya, seperti KUR yang bunga 6 persen yang pertama, kemudian ada keringanan yang diberikan sebesar 3 persen," imbuhnya.

Sebelumnya, Dewi Handajani juga berharap agar melalui kunjungan ini, sektor-sektor yang menjadi unggulan di Kabupaten Tanggamus kedepan mendapatkan perhatian lebih dan berkembang, serta memberikan dampak positif bagi para petani dan masyarakat agar lebih sejahtera.

"Mudah - mudahan karena adanya keringanan-keringanan, bisa mengatasi adanya permasalahan- permasalahan seperti modal, pupuk, bibit unggul, termasuk pendistribusian atau pemasarannya,"tutur Dewi seraya mengatakan,"Semoga ini menjadi solusi kita bersama sehingga sektor pertanian dapat betul-betul menjadi unggulan dan para petani Tanggamus menjadi petani yang berjaya," cetusnya.

Sementara Deputi III Staf Kepresidenan RI, Panutan S. Sulendrakusuma menyampaikan, tujuan kedatanganya adalah untuk memantau program - program yang menjadi prioritas nasional, salah satunya adalah program untuk mensejahterakan petani. 

"Pemerintah banyak program, salah satunya adalah bagaimana memastikan keberhasilan subsidi pupuk," jelasnya.

Untuk itu, Sulendra melakukan kunjungan kerja ke Tanggamus guna berdialog langsung dengan para petani guna menyerap aspirasi yang bisa menyempurnakan program bantuan Pusat yang berpihak dengan masyarakat.

"Saya lihat di Kabupaten Tanggamus ini program tersebut sudah banyak berjalan, dan setelah berdialog dengan petani kita, memberikan masukan-masukan untuk kami menyempurnakan program-program yang berpihak dengan masyarakat. Agar masyarakat bisa lebih baik lagi dan kedepannya bisa dapat mensejahterakan mereka," tandasnya.

Untuk diketahui:

Kunjungan tersebut dilaksanakan dengan agenda 'Pembahasan Tentang Subsidi Pupuk dan Diskusi Langsung dengan Kelompok Tani, Kios Pupuk, dan Melihat Penggunaan Kartu Tani Berjaya'.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga peninjauan terhadap Corporation Petani, Klaster Pertanian Pisang Mas, yang memasok kebutuhan eksport pisang mas oleh PT. GGPC, yang telah berhasil memberikan penghasilan yang baik bagi para petani setempat. Juga ke sejumlah pengrajin tenun yang sudah cukup dikenal di Provinsi Lampung. 

Kedatangan rombongan Staf Presiden disambut langsung oleh Bupati Tanggamus, didampingi Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Catur Agus Dewanto serta Camat dan Uspika Kecamatan Sumberejo.

Sementara dari Kantor Staf Kepresidenan RI, dihadiri oleh Deputi III, Panutan S. Sulendra Kusuma, Tenaga Ahli Kedeputian Ill, yakni; Bustanul Arifin, Ali Erlangga, Siti Khairani Elhakim dan Syahid Izzulhaq. Turut hadir pula, Pimpinan Bank BNI Wilayah 03/Sumbagsel, Juma Indra.(Kominfo/jal)