Warga Korban Tsunami Keluhkan Sarana dan Prasarana Bantuan Pemerintah Tanggamus

Kondisi Perumahan

BlogGua, Tanggamus - Pasca bencana Tsunami yang terjadi tahun 2018 lalu, Pekon Kiluan Negri Kecamatan Kelumbayan adalah salah satu pekon yang terdampak, pasalnya, banyak rumah  warga  yang rusak berat maupun ringan bahkan ada beberapa warga yang kehilangan tempat tinggal akibat gelombang Tsunami.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus melalui dinas PUPR telah memberikan bantuan yakni membangun 100 unit perumahan tepatnya di dusun Sukamahi Pekon Kiluan Negri.Rumah tersebut di peruntuk kan untuk merelokasi warga yang terdampak yang sekarang sudah selesai dan sudah di tempati.

Namun warga yang menempati rumah bantuan Pasca Sunami tersebut  mangeluhkan beberapa hal,di antaranya Kurangnya sarana,sperti Air bersih yang tidak mencukupi,belum ada nya sarana Rumah ibadah dan yang paling membuat tidak nyaman dan merasa was was adalah rumah yang berada di bawah tebing karna sering terjadi longsor.

Intensitas curah hujan yang tinggi,sihingga Terhitung dalam satu bulan sudah 2 kali terjadi longsor, matrial longsor berupa  tanah bekas urugan di atas gunung sekitar lokasi perumahan meutupi halaman hingga kedalam rumah,seperti apa yang di tuturkan warga setempat

Menurut keterangan warga yang tinggal di perumahan tersebut,mereka merasa sangat tidak nyaman dan selalu merasa was was. setiap kali terjadi longsor mereka selalu berupaya membersihakan rumah mereka dari lumpur dan tanah. 

Selain itu, drainase/siring yang ada juga tidak maksimal dan banyak yang sudah tertimbun tanah sehingga aliran air tidak berjalan.

Sementara itu menurut keterangan dari PJ Kepala Pekon Kiluan Negeri (Deny Febriansyah) kepada awak media,ia sudah menyampaikan keluhan waga tersebut kepada Kepala BNPB Kabupaten Tanggamus melalui pesan WhatsApp baik berupa foto dan Video, Minggu (15-08-2021).

 "Keluhan warga yang tinggal di Perumahan relokasi pasca Sunami,itu sudah saya sampaikan kepada Kepala BNPB melalu pesan WhatsApp,namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut" ujar Deni.

"Kami dari Pemerintah Pekon  berencana akan melakukan pergesaran anggaran dana desa untuk menanggulangi bencana khususnya Bencana Longsor di Perumahan Relokasi Pasca Tsunami, itupun kalau di setujui".pungkas Deni.

Deni Febriyansyah,selaku PJ Kepala Pekon Kiluan Negri,selalu menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan bersabar dan akan mengupayakan yang terbaik demi kenyamanan warga yang tinggal di perumahan tersebut.

Warga Pekon Kiluan Negeri khususnya yang menempati perumahan relokasi pasca Tsunami sangat berharap kepada Pemerintah,baik dari Pemerintah Pekon Kiluan Negeri,juga kepada Pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus untuk memprioritaskan penanggulangan bencana di Perumahan Relokasi Pasca Tsunami agar masyarakat yang menetap bisa aman dan tentram.(Bi/tim AJOL)