Bupati Tanggamus Launching Listrik Desa di Kelumbayan dan Cukuhbalak

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani (depan)

BlogGua, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, melaksanakan Launcing atau Penyalaan Perdana Listrik Desa Serentak di Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh PT PLN Persero Lampung, sebagai implementasi Program Listrik Desa, dan tanda dimulainya aliran listrik di wilayah tersebut, yang menjangkau 3 desa di 2 Kecamatan Kabupaten Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Manager PT. PLN (Persero) UP3 Tanjungkarang yang diwakili Kepala UPT Wilayah 3 Telukbetung Benny Sihite, Anggota DPRD Tanggamus Apriwasa, Kadis Tenaga Kerja, Inspektur Ernalia, Kadis Kominfo, Kadis PUPR, Kepala BPBD, Camat Kelumbayan, Camat Cukuhbalak, Kepala Ranting PLN Wilayah Kotaagung, Uspika, serta Kepala Pekon setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Dewi Handajani mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada PT. PLN dengan program Listrik Desa (Lides) yang telah merealisasikan usulan dan permohonan yang sudah diajukan oleh masyarakat pekon. 

Bupati juga mengapresiasi antusiasme warga setempat yang telah bergotong royong dalam membuka badan jalan atau membangun jembatan, guna membantu petugas PLN dalam pembangunan jaringan listrik.

“Pada hari ini kita bersama sama melaksanakan penyalaan perdana, sehingga dusun-dusun di Pekon Umbar di Kecamatan Kelumbayan serta Pekon Tanjungraja dan Pekon Gedung Kecamatan Cukuhbalak, yang sebelumnya belum tersentuh jaringan listrik PLN, pada hari ini telah teraliri listrik,” ucap Bupati.

Bupati berharap kedepannya, dengan adanya ‘Program Indonesia Terang’ dari pemerintah, maka seluruh wilayah pekon dan dusun se Kabupaten Tanggamus akan dapat menikmati keberadaan listrik dari PT. PLN.

Lanjut Bupati, Pemkab Tanggamus juga terus berupaya meningkatkan Rasio Elektrifikasi Kabupaten Tanggamus agar masyarakat Tanggamus dapat 100% menikmati listrik. Dimana saat ini pembangunan jaringan listrik di Kabupaten Tanggamus telah mencapai Rasio Elektrifikasi diatas 90 %, yang ditargetkan pada tahun 2023 mencapai 100 %.

Bupati juga berharap kepada PT. PLN agar terus berupaya meningkatkan kehandalan jaringan listrik, dan terus semangat dalam membenahi dan memperbaiki kerusakan jaringan listrik akibat fenomena alam seperti pohon tumbang, banjir, tanah longsor dan lainnya. Hal itu dikarenakan hampir seluruh wilayah Tanggamus adalah daerah rawan bencana.

“Kepada OPD terkait seperti Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Lingkungan Hidup termasuk Camat, agar dapat membantu dan memfasilitasi segala kebutuhan administrasi dan persyaratan lingkungan, agar permasalahan terkait lahan yang terpakai untuk jaringan listrik dapat terselesaikan.”

“Saya pesankan kepada masyarakat agar memanfaatkan dengan baik akses listrik yang ada. Masyarakat yang saat ini telah mendapat akses listrik hendaknya bersyukur, karena masih banyak warga pekon lain yang belum terjangkau dan mandapatkan akses listrik,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Tanggamus saat ini berada pada PPKM Level 3, untuk itu dirinya berharap kepada seluruh masyarakat agar selalu memakai masker dimanapun berada, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan selalu menerapkan protokol kesahatan.

“Tujuannya adalah untuk kita semua, agar Kabupaten Tanggamus kembali normal seperti sedia kala, kehidupan dan perekonomian cepat membaik, dan seluruh masyarakat terbebas dari covid 19," tutup Bupati. (Kominfo)