Atasi Non Koneksi Internet di Pekon, Pemkab Lambar Gandeng PT. Telkom

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (tengah)

BlogGua, Lampung Barat
- Di Kabupaten Lambar ada beberapa Pekon yang tidak terjangkau sinyal (Blank Spot), diantaranya Pekon Roworejo, Pekon Sidowerjo termasuk juga Pekon Kubu Perahu dan beberapa Pekon di Kecamatan Pagar Dewa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus saat menerima Audiensi General Manager (GM) PT. Telkom Provinsi Lampung di Ruang Kerja Bupati, Kamis Pagi (24/06/2021).

"Ini merupakan salah satu hal yang penting bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar), Kerjasama dengan Telkom ini menjanjikan dan saya yakin Telkom  pasti mempunyai tanggung jawab lebih," imbuh Parosil.

Untuk itu Parosil meminta bantuan dan dukungan terkait persoalan Blank Spot di Lambar dan berharap PT. Telkom memegang erat komitmen benar-benar serius, sungguh-sungguh dalam memecahkan persoalan yang dihadapi Pemkab Lambar terkaitan dengan Blank Spot (Non sinyal) agar mewujudkan masyarakat Digital.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sambung Parosil, digitalisasi tentu sangat luar biasa dibutuhkan terutama kepada anak yang masih sekolah.

Maka dari itu, Parosil meminta kepada Asisten dan  masing-masing Perangkat Daerah untuk bisa melakukan kerjasama sesuai dengan arahan dan kebijakan guna mewujudkan tata kelola Pemerintah.

Dengan terjalinnya kerjasama, Parosil berharap Telkom dapat berpartisipasi dan mendukung penuh percepatan pelaksanaan pemanfaatan teknologi ICT untuk mewujudkan tata kelola Pemkab Lambar menuju kota cerdas (Smart City) dengan tetap menyesuaikan kondisi kebutuhan  wilayah Lampung Barat.

Sementara GM PT. Telkom Lampung, Susila Shane Sihombing mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Kepala Dinas Kominfo yang telah menyambut baik kedatangan personil Telkom.

Tujuan Telkom Lampung datang ke Pemkab Lambar, kata Susila, diminta dari pusat bahwa jajaran telkom yang berada di daerah Provinsi Lampung agar dapat bersilaturahmi dengan Pemerintah setempat terutama di Pemerintah Kabupaten Lambar, dengan tujuan agar PT. Telkom bisa mensupport atau mendukung Pemerintah terkait dengan layanan Telekomunikasi, Program Digitalisasi. 

"PT. Telkom datang kemari mempunyai misi yakni mengsukseskan Program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk menuntaskan area Blank Spot,"kata Susila. 

Untuk Penuntasan Blank Spot di area non sinyal, sambung Susila, PT. Telkom membutuhkan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (Bumdes) yang nantinya Telkom akan menarik akses ke Bumdes.

Namun Sebelum itu dilakukan, masih kata Susila, Telkom akan melatih Bumdes, Penduduk setempat, pengguna setempat sehingga nantinya bisa menjadi Teknisi jika ada gangguan ataupun kendala pada layanan telekomunikasi.

"Telkom berharap dapat menciptakan dan mengeduksi masyarakat beserta Pemkab Lampung Barat untuk siap dalam kehidupan yang lebih baik melalui Program Smart City Nusantara (SCN),"pungkasnya.

Turut hadir, Asisten Bidang Administrasi Umum, Kadis Kominfo, Kadis PMD, Kadis Kesehatan, sementara dari pihak GM PT Telkom Provinsi Lampung dihadiri langsung Susila Shane Sihombing beserta rombongan.

(Diskominfo)