Arinal Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah)

BlogGua, BANDAR LAMPUNG
- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, yang dipimpin Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, di Ruang Command Center Lt.2 Diskominfotik Provinsi Lampung, Bandarlampung, Selasa (1/6/2021).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara. "Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan," ujar Jokowi.

Pada upacara tersebut, turut hadir di antaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar, Ketua BPK Agung Firman Sampurna yang hadir secara daring. 

Selain itu, turut hadir pula para menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua BPIP, serta para duta besar negara sahabat yang juga hadir secara daring.

Dalam upacara tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan naskah Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan naskah pembukaan UUD 1945. 

Pada upacara tersebut bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam.

(Adpim)||editor:pzr