Hujan Deras di Tanggamus Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor

BlogGua, Tanggamus – Pasca hujan deras sejak pukul 16.00 WIB,di wilayah Kecamatan Semaka sebabkan tanah longsor dan banjir yang memutuskan jalur jalan lintas barat Semaka yang terjadi di sejumlah titik, Kamis malam (9/1/20).

Sekda Kabupaten Tanggamus,Hamid H Lubis, dalam arahannya Bedasarkan pemantauan di Pekon Pardawaras ditemukan tiga titik banjir yang mengakibatkan tertutupnya badan jalan sehingga arus lalu lintas dari dan menuju Kabupaten Pesisir Barat putus total.

Bahkan curah hujan masih cukup tinggi sehingga air belum tampak surut dan semakin bertambah parahnya banjir tersebut.Dalam evakuasi malam ini ,tidak banyak bantuan yang bisa diberikan tetapi yang terpenting adalah pada saat air mulai surut, besok pagi kami akan menurunkan alat berat Eksa pator di Pekon Way Kerap tepatnya di Dusun Banding Agung, karena saat ini beberapa sungai tanggulnya jebol sehingga air masuk ke pemukiman warga.

Sekalilagi Sekda menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menekankan upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah bagaimana bisa evakuasi terutama ibu ibu dan anak anak agar bisa meninggalkan rumahnya khususnya yang berada di pinggiran sungai.

Sementara dalam arahan Kapolres,Esmu Baroto bekerjasama dengan Polres Lampung Barat jalan litas barat ditutup untuk dialihkan ke Lampung Barat dikarenakkan lumpuh total.

Dilokasi Kapolres Tanggamus Sekda Kabupaten Tanggamus, Drs Hamid H Lubis Msc, AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM bersama Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo,Kepala Kelapas Way Gelang,Sohibur,serta jajaran Kepolisian, TNI,beberapa kepala OPD dan Basarnas sudah dilokasi Pekon Pardawaras Kecamatan Semaka.

(budi)

0 Komentar

Silahkan Komentar