Mudik Makin Nyaman Dengan BPJS Kesehatan

[caption id="attachment_1094" align="aligncenter" width="660"] Jumpa Pers BPJS Kesehatan Lampura, Kamis (15-6-17)[/caption]

BlogGua CN, Lampung Utara - Dengan tujuan untuk memudahkan pemudik dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang di perlukan, BPJS Kesehatan telah menempatkan beberapa posko Mudik lebaran tahun 2017, guna menyelenggarakan program mudik nyaman bersama BPJS kesehatan.


Posko mudik itu telah diadakan di 8 (delapan) titik seluruh wilayah diantaranya 3 titik posko di pelabuhan yaitu pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.


Kemudian 3 diterminal yaitu terminal Pulo Gebang, terminal Bungurasih Surabaya dan terminal Tirtonadi Surakarta. Sedangkan 2 titik posko lainnaya dipusatkan di kawasan stasiun, yaitu stasiun Bandung Jawa Barat Dan stasiun Yogyakarta, D.I Yogyakarta yang pelaksananya mulai aktif pada tanggal 21-24 juni 2017.


Diuraikan dr. Bellza Rizka Ananda M. Kes selaku kepala unit manajemen pelayanan kesehatan rujukan (MPKR) mewakili Kepala BPJS Mahmul Anyar, peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin akan memperoleh pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan sederhana.


"Peserta BPJS kesehatan yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor kekantor cabang BPJS Kesehatan setempat, yaitu dengan mengunjungi posko mudik guna mendapatkan pelayanan kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana oleh petugas kesehatan". Jelas Dr.Bellza Rizka Ananta selaku Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR), Kamis (15/6/2017).


Selanjutnya masih jelas Bellza, bagi peserta dalam kondisi emergency atau darurat peserta dapat langsung dilayani di ruang Instalasi IGD rumah sakit terdekat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Pelayanan itu diberikan mulai dari 19 juni sampai 02 juli 2017. Dengan catatan fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta". Tambahnya, seraya katakan "jika peserta ingin mendapat informasi lebih lanjut dapat menghubungi ke 1500400". Jelas mba Tata, sapaan akrabnya.


Masih ditempat yang sama pihak Dinas Kesehatan Pemerintah setempat yang di hadiri oleh Dr. Wahyuni mengatakan, Adapun Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan di Lampung Utara dibagi menjadi 3 yaitu, RS Umum Daerah Ryacudu Kotabumi, RS Handayani di Jl. Soekarno Hatta dan RS.M.Usuf di Kali Balangan. Ke 3 rumah sakit tersebut bisa di akses penduduk /masyarakat yang sedang mudik melintasi Lampung Utara untuk mendapat pelayanan kesehatan.


Terkait dengan program pemerintah daerah (pemda) Lampung Utara yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian tentang pelayanan kesehatan mudik, dinas kesehatan sudah menyiapkan anggota kesehatan ditiap-tiap pos pengamanan (Pospam) yang tersebar diberberapa tempat, yaitu dipospam kali balangan, simpang propau, simpang wayrarem dan pospam di bukit kemuning.


‌"setiap pospam tidak hanya ada anggota kepolisian, tetapi akan disiapkan juga 3 orang anggota kesehatan yang dibagi menjadi 3 sip perhariannya. Masing-masing sip telah disiapkan 3 anggota kesehatan dan sepanjang jalur lintas akan ada puskesmas yang disiagakan selama 24 jam yaitu di Puskesmas Blambangan Pagar, Puskesmas Kotabumi II  dan Puskesmas Ogan 5. Kemudian selain di jalur lintas ada juga di jalur Negara Ratu tepatnya di Puskesmas Madukoro telah disiapkan juga pelayanan kesehatan 24 jam ". kata Drs. Wahyuni Kepala Bidang (kabid) Dinas Kesehatan Lampura.


(*MUSA*)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget