Mulyadi Irsan Salurkan Bantuan Beras Tahap II Untuk KPM Tanggamus

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menyalurkan Langsung Bantuan Pangan Beras Tahap ll Kabupaten Tanggamus 2024 di Gudang Bulog Rantau Kijang Pugung, Tanggamus, Selasa (14/05/2024.

Mulyadi Irsan  mengatakan hari ini bantuan pangan beras kembali digulirkan Pemerintah Kabupaten Tangggamus kepada total 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Jumlah penerima bantuan pangan beras di tahun 2024 ini mengalami peningkatan sekitar 8% dibandingkan jumlah penerima tahun sebelumnya yang berjumlah 21,3 juta KPM," imbuhnya.

Bantuan pangan beras ini merupakan arahan langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia.

Selain itu, kata Mulyadi, bantuan beras merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi musim kemarau panjang yang diakibatkan badai El-Nino dan untuk mengantisipasi krisis pangan.

Di Kabupaten Tanggamus penyaluran bantuan pangan Tahap I telah dilakukan tanggal 29 Januari 2024 dan pada hari ini tanggal 14 Mei 2024 akan dilakukan penyaluran Tahap II kepada 81.374 KPM.

"Jumlah sasaran ini berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang bersumber dari kantor Kemenko PMK-RI," jelas Mulyadi.

Setiap tahapan pada kegiatan ini dilakukan sesuai Juknis Bapanas yaitu keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI No. 01/TS.0303/K/1/2024 tanggal 02 Januari 2024 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

"Terkait hal tersebut, maka Pihak Kanwil Bulog Provinsi Lampung akan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung untuk pemeriksaan uji kualitas (laboratorium) atas stok barang di Gudang untuk Pemberian Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 di Kabupaten Tanggamus," papar Mulyadi.

Lanjutnya, penyaluran bantuan pangan ini akan dilaksanakan oleh kantor PT. Pos Indonesia yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Penyaluran Bantuan Pangan tahun 2024 dilakukan 2 tahap, yaitu tahap 1 bulan Januari-Maret, tahap 2 pada bulan April-Juni. Akan ada 16 Pekon yang membutuhkan penyaluran sekaligus 3 bulan, yakni Kecamatan Cukuh Balak 4 pekon, Kecamatan Pematang Sawa 10 pekon, Kecamatan Semaka 1 pekon, Kecamatan Pugung 1 pekon.

"Apabila terjadi kekurangan calon penerima Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 maka dapat menggunakan data dari DTKS dan disiapkan data daftar tunggu penerima Bantuan Pangan Beras Tahun 2024. Pergantian data calon Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 dari P3KE yaitu 7 Desil, yang dimulai dari desil terkecil yakni 1 dan seterusnya bila sudah habis di desil bawahnya. Pergantian data calon Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 dapat dilakukan antar desa tidak boleh antar kabupaten," papar Mulyadi lagi.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Para Asisten, Inspektur, Perwakilan Polres Tanggamus, Para OPD, Plt. Kaban Bapperida, Kabag Ekobang, Camat Pugung, Uspika Kecamatan Pugung dan Para Kepala Pekon Pugung. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar